Batu Sungai Dareh Diminati Petinggi Negeri

128

 

tobasatu | Batu cincin sungai dareh tak asing dikalangan para pencinta batu. Selain bentuknya yang unik, batu ini juga memiliki warna mirip dengan batu giok. Maka tak heran jika para kolektor mulai memburunya.

Batu yang juga dikenal dengan sebutan giok kandi ini tidak hanya kesohor di Indonesia tapi sampai mancanegara. Popularitas batu menanjka sejak Presiden Amerika Barack Obama dikabarkan mengenakan batu cincin asal Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat itu di jari tangannya.

Sejak saat itu banyak penghobi dan kolektor dari berbagai negara mulai memburunya sehingga membuat batu dengan ciri khas warna hijau itu kian populer. Bahkan konon banyak banyak juga pejabat tanah air yang ikut-ikuran mengenakan batu itu dijari manis mereka.

Batu sungai dareh memiliki banyak sebutan diantaranya batu lumuik, batu lumut, giok sumatera dan giok kandi. Untuk sebutan batu giok asal Sumatera, tidak hanya pada batu sungai dareh tapi juga ada lumut aceh yang disebut giok aceh dan batu ini di Korea dikenal dengan jade.

Untuk kisaran harganya, batu ini dibandrol dengan harga Rp500 ribu hingga mencapai puluhan juta rupiah. (ts)

loading...