Nikmatnya Durian Goreng Ala Maidanii Café

73
Marzuki Halim saat menunjukkan durian goreng hasil inovasinya. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Bagi sebagian orang, buah durian merupakan panganan lezat meski memiliki aroma yang sedikit tajam. Tak hanya dimakan langsung, berbagai olahannya pun terasa nikmat di lidah.

Hal inilah yang kemudian menimbulkan ide bagi Pancake Maidanii, sebuah kafe yang terletak di Jalan Perjuangan, Medan, Sumatera Utara untuk berinovasi menciptakan ‘Durian Goreng’. Inovasi ini terbukti mampu mendongkrak pertumbuhan penjualan, sebulan terakhir. Padahal pembelian reseller sempat turun sekira 60%.

Marzuki Halim (28), pemilik Pancake Maidanii menuturkan, ide membuat inovasi durian goreng ini sudah lama dia impikan. Namun baru dapat direalisasikan, setelah melakukan try and error berkali-kali dengan membuat beragam produk.

Tampilan Durian Goreng yang menggugah selera. (tobasatu.com)
Tampilan Durian Goreng yang menggugah selera. (tobasatu.com)

“Awalnya kita itu dengan membuat durian goreng dengan menggunakan pancake digoreng. Tapi, setelah kita coba, ternyata gagal. Kemudan kita buat lagi inovasi yang baru, keripik durian. Dan ternyata ini, kurang pas. Selanjutnya, kita buat seperti es krim goreng, luarnya krispi dalamnya dingin dan berhasil,” katanya, Kamis (24/9/2015).

Setelah berhasil membuat es krim goreng, dia terus berusaha mengembangkannya dengan durian goreng. Marzuki mengakui, dengan inovasi tersebut membuat usahanya semakin bergeliat.

“Respon konsumen terhadap durian goreng ini cukup bagus. Terutama bagi mitra kita yang memasarkan sop durian di Jakarta atau kafe-kafe durian,” ujar Marzuki yang mengandalkan media online dalam memasarkan beragam olahan durian itu.

Upaya itu dilakukannya dengan mengirimkan tester durian goreng ke pelanggan. “Untuk peminat, konsumen dari online menjadi yang paling banyak,” tambahnya.

Dari inovasi ini sebutnya, produksi olahan durian asal Sidikalang ini, perminggu rata-rata mencapai mencapai 300 potong dengan harga perporsi Rp10 ribu. Dengan menu baru tersebut, Maidanii Pancake durian sudah menambah ragam menu olahan durian, selain pancake durian seharga Rp 80 ribu per kotak, yang membidik pasar luar kota. Tentunya masih ada menu lain yang dijualnya di digerai Jalan Perjuangan seperti sop durian dan durian saos vanilla. (ts-mnl)