Setelah Halmahera, Gempa 6 SR Juga Guncang Mandailing Natal

976
Ilustrasi gempa bumi. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com | Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Sumatera Utara, Minggu (8/11/2015) sekitar pukul 16.34 WIB. Gempa berpusat di 85 km barat daya Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut.

Informasi diperoleh tobasatu.com dari Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Minggu, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil akibat gempa ini.

“Gempa terjadi dengan kekuatan 6.0 SR, kedalaman 96 KM, Lokasi 0.57 LU, 98.71 BT,” jelas Sutopo.

Dijelaskannya, gempa terasa kuat di Kabupaten Mandailin Natal selama 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah, namun belum ada dilaporkan dampak kerusakan gempa.

Selain itu, lanjut Sutopo, pusat gempa berada di laut, dan tidak berpotensi tsunami. Gempa juga dirasakan daerah sekitarnya seperti Kota Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu, serta sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Barat.

“Berdasarkan peta gempa dirasakan intensitas gempa III-IV MMI di Mandailing Natal, II-III MMI di Tapanuli Selatan, II-III MMI di Padang, III MMI di Gunung Sitoli, II MMI di Pulau Samosir, II-III MMI di Mentawai, dan III-IV di Padang Sidempuan,” ujar Sutopo.

Saat ini Posko BNPB masih terus melakukan komunikasi dengan BPBD untuk memperoleh laporan. Petugas BPBD juga masih melakukan pendataan di lapangan. (ts-02)

 

BACA JUGA  Asap Sumatera dan Kalimantan Berhembus ke Jakarta