Peringati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni Resmi Hari Libur Nasional

2550

tobasatu.com | Tanggal 1 Juni diresmikan sebagai hari libur yang berlaku secara nasional. Ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya di acara Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung, Rabu (1/6/2016).

“Dengan keputusan Presiden, tanggal 1 Juni ditetapkan, diliburkan dan diperingati sebagai hari lahir Pancasila,” kata Jokowi pada akhir sambutannya di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Penyataan Jokowi itu lalu disambut tepuk tangan riuh para undangan dan hadirin di Gedung Merdeka.

Jokowi juga menyinggung Pancasila yang menjadi dasar dan ideologi bangsa yang memersatukan keberagaman di Indonesia. Oleh karena itu dasar negara tersebut harus terus dijunjung sebagai nilai-nilai bangsa. “Sekali lagi bangsa kita harus bersyukur mempunyai Pancasila. Pancasila adalah falsafah kebangsaan,” katanya.

Jokowi melanjutkan, Pancasila juga menjadi dasar agar bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai untuk siap menghadapi tantangan dan tatanan dunia baru yang menghadapi ancaman radikalisme, terorisme dan eksetrisme. (ts-04)

BACA JUGA  Harta Kekayaan Bang Yos Capai 23 Miliar Lebih