Hore… Bekuk Singapura 2-1, Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2016

865

tobasatu.com | Satu tempat di babak semifinal Piala AFF 2016 akhirnya dipastikan oleh Indonesia. Ini diraih setelah Skuat Garuda membekuk Singapura dengan skor 2-1 pada laga di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Jumat (25/11/2016) malam.

Dua gol yang menentukan langkah Indonesia di babak semifinal dicetak oleh Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly. Sementara satu gol yang bersarang di gawang Kurnia Meiga dicetak oleh Khairul Amri.

Indonesia lebih dulu mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Peluang pertama datang aksi Stefeno Lilipaly pada menit ke-7. Pemain naturalisasi ini melepas tendangan bebas yang hanya menyapa mistar gawang kiper Hassan Sunny.

Namun, justru Singapura yang mampu lebih dulu mencetak gol pada menit ke-27. Lewat situasi tendangan bebas, Safuwan memberikan umpan kepada Khairul Amri. Mantan pemain Persiba Balikpapan ini melepas tendangan akrobatik yang membobol gawang Kurnia Meiga.

Tertinggal satu gol membuat Indonesia langsung meningkatkan intensitas serangan. Boaz Salossa dan Andik Vermansyah mendapatkan peluang tapi masih belum menemui sasaran. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama.

Alfred Riedl meningkatkan serangan pada babak kedua. Evan Dimas ditarik keluar digantikan oleh Ferdinand Sinaga. Bermain dengan dua penyerang membuat permainan di lini depan semakin menggigit. Sementara Singapura hanya bisa mengandalkan serangan balik.

Gol penyama kedudukan akhirnya datang dari Andik Vermansyah. Eks pemain Persebaya Surabaya ini melepas tendangan keras menyambut umpan dari Rizky Pora. Skor 1-1 dan pemain Indonesia semakin bersemangat membombardir pertahanan Singapura.

Setelah beberapa peluang kandas di tangan kiper Hassan Sunny, Indonesia akhirnya mampu mengunci pertandingan pada menit ke-85. Boaz Salossa mengirimkan umpan yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Stefano Lilipaly. Skor menjadi 2-1.

BACA JUGA  Indonesia Vs Singapura, Laga Hidup-Mati

Giliran Singapura yang melancarkan serangan pada sisa waktu yang ada. Namun, tak ada gol yang tercipta. Indonesia menang 2-1 dan memastikan satu tempat di babak semifinal. (ts-04)