Lantamal-1 Tangkap TKI Bawa 500 Gram Sabu dari Malaysia

212
Komandan Pangkalan Utama TNI AL-1, Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tampangan (kanan) sedang mengintrogasi tersangka Muhib Bulkiran (kiri) di Lantamal-1. (foto : tobasatu.com/ lee)

tobasatu, Belawan | Kapal Patroli Keamanan Laut SSG II – 1 – 47 Lantamal – 1, yang dikomandani Pelda Suprojo, berhasil menangkap salah seorang TKI ilegal membawa 500 gram sabu, dari Malaysia, Selasa (10/1/2017) lalu.

Muhib Bulkiran (21) penduduk Jalan Jabal Kafir Desa Blang, Kabupaten Pidie Aceh, salah seorang TKI ditangkap petugas kapal Patroli TNI AL, dari atas kapal KM. Sejati berbendera Indonesia, bersama 90 orang TKI ilegal lainnya, dari Port Kelang Malaysia, tujuan ke Tanjung Tumpul Perairan Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

Ketika dijumpai di Pangkalan Utama TNI AL-1 (LANTAMAL-1) di Belawan, tersangka Muhib Bulkiran mengaku, membawa 500 gram sabu milik Muhklis, untuk dibawa ke Aceh dengan upah yang akan  dibayar Rp20 juta, setelah sabu tersebut tiba di Aceh. Namun menurut Muhib upah tersebut belum dibayar oleh pemilik sabu, yang juga ikut kembali ke Indonesia dengan menggunakan kapal KM.Sejati tersebut.

Sementara itu Komandan Pangkalan Utama TNI AL – 1, Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tampangan menjelaskan, sebelumnya Kapal Patroli Lantamal – 1 menangkap tiga unit kapal kecil yang mengangkut 90 orang TKI ilegal, petugas mendapat informasi, bahwa ke 90 orang TKI tersebut sebelumnya diangkut kapal KM.Sejati berbendera Indonesia, dengan Gross Ton 6, Nomor : 2884/ Phb/ S7/ dari pelabuhan tikus Port Kelang Malaysia menuju ke Tanjung Tumpul Perairan Asahan Sumatera Utara.

Dari hasil penyidikan petugas,  dari dalam ransel salah seorang TKI tersebut ditemukan bungkusan berisi 500 gram sabu, yang akan diselundupkan ke Aceh.

Komandan pangkalan utama TNI Laksamana Pertama ini juga mengatakan, setelah dilakukan test urine, ternyata tersangka Muhib Bulkiran, juga positif sebagai pemakai sabu. Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka Muhib Bulkiran, beserta barang bukti 500 gram sabu, akan diserahkan ke petugas BNN Medan Sumatera Utara. (ts – 14)

 

loading...