523 Qori/Qoriah Ikut Bertarung dalam MTQN ke-50 Tingkat Kota Medan

95
Walikota Medan Drs T Dzulmi Eldin ketika meresmikan MTQN ke 50 tingkat Kota Medan, Sabtu (18/03/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Sebanyak 523 qori dan qoriah berasal dari utusan Madrasah Aliyah negeri dan swasta ikut bertarung memperebutkan gelar juara, dalam pagelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTN) ke-50 tingkat Kota Medan, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin, Sabtu (18/03/2017) malam di Jalan Tritura Medan. MTQ akan berlangsung hingga 25 Maret mendatang.

Melalui MTQ ini, Eldin mengajak semua masyarakat untuk menjadikan Al Quran sebagai sumber ilmu pengetahuan guna membangun Medan kota religious.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Wali Kota didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumut, Ibnu Sri Utomo, Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis, Kapolresta Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto, Kajari Medan, Olopan Nainggolan, Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung didampingi dua Wakil Ketua DPRD, Iswanda Nandi Ramli dan Ikhwan Ritonga.

Meski sempat diguyur hujan deras namun prosesi pembukaan MTQN tetap berjalan meriah yang dihadiri belasan ribu warga. Selain pemukulan gong, pembukaan juga ditandai dengan penyerahan piala bergilir yang dilakukan Wali Kota kepada panitia MTQ untuk diperebutkan kembali.

Dikatakan Eldin yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi didampingi Ketua TP, MTQ ini digelar rutin setiap tahunnya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan sekaligus pengamalan isi dan kandungan yang tersirat maupun yang tersurat dalam Al-Quran.

Oleh karenanya, melalui MTQ ini, Eldin mengajak semua untuk menjadikan Al Qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan guna membangun Medan Kota religius.

Kepada para peserta yang akan bertanding, Eldin mengucapkan selamat mengikuti MTQ. “Semoga keikutsertaan saudara-saudara dalam MTQ ini, dapat membawa manfaat dalam upaya mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai di tanah air,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Wali kota tak lupa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas peran para ulama dan tokoh masyarakat, yang selama ini terus melakukan  pembinaan kepada masyarakat dan generasi muda, terutama dalam upaya mengamalkan nilai-nilai ajaran Al-Quran.

Asisten Pemerintahan dan Sosial Setdakot  Medan, Musadad Nasution sekaligus Ketua Panitia MTQ menjelaskan, pelaksanaan MTQ berlangsung selama sepekan dimulai 18-25 Maret 2017 yang diikuti 523 qori dan qoriah berasal dari utusan Madrasah Aliyah Negeri dan swasta, khususnya Cabang Fahmil Quran dan Syarhil Quran.

Dalam MTQ kali ini, Musadad mengatakan ada 7 cabang yang dimusabaqahkan yakni Cabang Mujawad (putra/putri) sebanyak 184 orang, Cabang Hifzil Quran (putra/i) sebanyak 110 orang, Cabang Fahmil Quran diikuti 18 regu (54 orang), Cabang Syarhil diikuti 17 regu (51 orang), Cabang Kattil Quran (putra/i) diikuti 66 orang, Cabang Tafsirul Quran (putra/i) diikuti 33 orang dan Cabang Musabaqah Makalah ilmiah Al Quran (putra/i) sebanyak 25 orang. (ts-02)