Satu Rumah di Asahan Tertimpa Longsor

860
Kondisi rumah Nurbaiti Nurbaiti, warga Dusun IV Desa Mekar Sari Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan, setelah tertimpa longsor tanah, Selasa (16/5/2017).

tobasatu.com, Asahan l Sebuah rumah milik Nurbaiti (43) warga Dusun IV Desa Mekar Sari Kecamatan Pulau Rakyat tertimpa tanah longsor, Selasa (16/5/2017) sekitar pukul 05.00WIB. Tanah reruntuhan berasal dari longsoran lahan sebuah perkebunan swasta setinggi 5 meter yang berbatasan dengan rumah korban.

“Yang tertimpa longsor bagian dapur. Dapur saya hancurlah, tertimbun tanah longsor. Kejadiannya, subuh tadi,” kata Nurbaiti kepada wartawan.

Nurbaiti mengungkapkan, saat kejadian dirinya sedang tertidur bersama anaknya, Dewi Astuti. Tanpa disadari, terdengar suara benturan keras hingga membuat mereka tersentak dan bangun.

“Tahu-tahu, kami lihat dapur kami sudah hancur tertimpa tanah. Didinding kamar yang berbatasan dengan dapur juga rubuh. Anak saya, bahkan terkena batu yang jatuh akibat longsor,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Pulau Rakyat Alinuddin Siregar menduga, terjadinya longsor akibat curah hujan yang cukup tinggi akhir akhir ini, sehingga membuat kontur tanah menjadi basah dan lembek.

Kondisi itu diperparah dengan posisi lahan yang cukup tinggi sehingga membentuk dinding setinggi 5 meter. “Mungkin karena belakangan ini hujan terus, tanah jadi tidak kuat. Sementara penahan dinding tanah tidak ada, makanya longsor,” bebernya.

Terhadap korban, Alinuddin mengatakan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas Pulau Raja, supaya memberikan pertolongan medis. “Tadi korban sudah kita antarkan ke Puskesmas Pulo Raja,” kata dia.

Alinuddin akan berkoordinasi dengan pihak perkebunan untuk membersihkan reruntuhan, termasuk memperbaiki rumah korban. “Kita berharap, pihak perkebunan mau turun tangan meringankan beban korban,” tandasnya. (ts-20)

BACA JUGA  3 Wisatawan Tewas Tertimbun Longsor di Gunung Kidul