Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Pemkab Asahan dan Bulog Gelar Operasi Pasar

176
Kepala Bulog Sub Divere III Kisaran didampingi Asissten II Jhon Hardy Nasution dan Plt Kadis Komifo Rahmat Hidayat Siregar ketika meninjau Operasi Pasar di Kisaran, Kamis (18/5/2017). (tobasatu.com/Rahmadhika).

tobasatu.com, Asahan l Pemerintah Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre lll Kisaran akan melakukan operasi pasar guna mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok sebelum memasuki Ramadhan tiba.

Sebab, meningkatnya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pokok dalam memenuhi persediaan menyambut bulan suci umat Islam itu, kerap dimanfaatkan para pedagang nakal untuk menaikkan harga secara drastis.

Kepala Bulog Sub Divre III Kisaran Pengadilan Lubis mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan operasi pasar di dua lokasi yakni pasar Kartini dan pasar Inpres Kisaran. Kebutuhan pokok yang dijual, diantaranya, yakni beras, minyak goreng dalam kemasan dan gula putih.

“Beras, kita jual dengan harga terjangkau, yakni 9.500 per kg. Kemudian, harga minyak goreng Rp11.000 per kg dan gula putih dijual dengan harga Rp12.000 per kg. Tujuannya adalah untuk mengontrol harga, sehingga sesuai harga ececeran tertinggi (HET),” kata Pengadilan Lubis di Kisaran, Kamis (18/5/2017).

Pengadilan Lubis menerangkan, pihak nya juga akan menambah jumlah lokasi operasi pasar, di tempat tempat lainnya. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih mudah dan dekat untuk mendapatkan kebutuhan pokok. “Lokasi pasar murah akan kita tambah. Supaya lebih mudah dijangkau seluruh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Pemkab Asahan memberikan apresiasi kepada Bulog Sub Divre III Kisaran yang telah turut membantu masyarakat dalam mendapatkan beberapa kebutuhan pokok dengan harga ekonomis. “Upaya yang dilakukan oleh Bulog patut kita apresiasi, sehingga harga kebutuhan pokok masih tetap satabil,” kata Plt Kadis Kominfo Hidayat Siregar.

Hidayat mengatakan, Pemkab Asahan melalui Tim Monitoring Harga Menjelang Ramadhan dan Lebaran Pemkab Asahan, akan terus melakukan monitoring harga di pasar pasar yang ada di Asahan. “Harga harga kebutuhan pokok akan terus kita pantau. Jika harga melonjak terlalu tinggi, kita akan antisipasi dengan pasar murah untuk menekan harga pasar,” ujarnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan Tim Monitoring, harga terpantau cukup stabil dari tiga pasar yang dikunjungi, yakni Pasar Kartini, Pasar Inpres dan Pasar Bakti.

Tim Monitoring terdiri dari Bulog Sub Divre III Kisaran, Asisten II, unsur Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian serta Sat Pol PP Kabupaten Asahan.

Harga cabe merah berada pada harga  Rp18.000/kg; Cabe rawit Rp7.000/kg; Bawang merah Rp20.000/kg; Bawang putih Rp 44.000/kg; Ayam potong Rp21.000/kg, Telur ayam ras Rp1.200/butir, Daging Sapi Rp 110.000/kg; gula putih Rp12.000/kg; dan minyak goreng curah Rp11.000/liter. (ts-20).

loading...