Kapolres Asahan Imbau Pranata Sosial Agar Difungsikan dan Aktif

131
Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga didampingi unsur Muspika Kecamatan Aek Songsongan ketika menyampaikan sambutan, dalam Rakor di Aula Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan, Rabu (12/7/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Asahan l Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga mengimbau agar pranata sosial atau kelembaggaan yang ada di tengah tengah masyarakat supaya difungsikan secara aktif.

Dengan aktifnya pranata sosial itu diharapkan mampu mengantisipasi, atau meminimalisir gangguan Kamtibmas, seperti peristiwa pembunuhan terhadap Klara Br Siallagan dan Nursi Br Sirait, yang terjadi baru-baru ini.

Hal itu disampaikan Kapolres pada rapat koordinasi dengan unsur seluruh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Aek Songsongan, di aula Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan, Rabu (12/7/2017).

“Saya berharap seluruh pranata sosial yang ada, agar difungsikan  secara aktif. kata Kapolres. “Peristiwa tragis itu harus kita jadikan momentum, untuk membangun kembali komunikasi yang baik,” sambungnya.

Rakor tersebut, diantaranya dihadiri oleh Kabag Ops Kompol Marluddin, Kapolsek Bandar Pulau AKP M Surbakti. Danramil Kapten M Simatupang, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Kapolres, pemeliharaan Kamtibmas, sejatinya merupakan tugas kepolisian, termasuk Polres Asahan. Namun mengingat luasnya wilayah dan keterbatasan personil, membuat pengawasan menjadi kurang maksimal.

Untuk itu, dibutuhkan sinergitas yang baik dari seluruh elemen masyarakat agar situasi Kamtibmas khusunya di wilayah hukum polres Asahan tetap kondusif. “Jadi mari kita bahu membahu, bersama sama menjaga agar daerah kita tetap kondusif”, pungkasnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Aek Songson K Parapat berjanji akan melaksanakan imbauan Kapolres tersebut. Imbauan itu akan diteruskan, yang nantinya akan di jalankan seluruh perangkat kecamatan, desa maupun dusun.

“Kedepan, seluruh perangkat yang ada akan kita berdayakan untuk mengaktifkan seluruh pranata sosial yang ada,” katanya.

Kepada Polres Asahan, khususnya kepada Kapolres, K Parapat, mengucapkan terima kasih atas keberhasilannya dalam mengungkap pelaku kasus pembunuhan tersebut, sehingga mampu meredam keresahan masyarakat Kecamatan Aek Songsongan. (ts-20)

 

loading...