Penyanyi Mancanegara akan Suguhkan Lagu-lagu Batak Lawas di Tobatak Festival

144
Penyanyi lokal dan mancanegara yang akan mengisi acara Festival Tobatak di Kabupaten Samosir, Sumut, Sabtu (12/8/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Siantar | Penyanyi lokal dan mancanegara akan berkolaborasi menyuguhkan lagu-lagu batak lawas, dalam pagelaran musik internasional bertajuk Tobatak Festival, yang akan digelar di Kabupaten Samosir, Sabtu (12/8/2017).

Saat jumpa pers yang dilaksanakan di Hotel Sapadia Siantar, Kamis (10/8), Manager even Tobatak Festival, Henry Manik, menjelaskan penampilan lagu-lagu Batak lama ini diwujudkan sebagai upaya pihaknya menampilkan hal-hal baru bagi pengunjung. Katanya, pada penampilan tahun lalu lagu-lagu yang ditampilkan bertema noise/pop Batak.

Menurut Henry, lagu Batak lama dimaksud berupa lagu-lagu Batak yang sudah jarang ditampillkan di panggung. “Misalnya, lagu Rura Silindung, Ro Ho Saonari, dan lagu-lagu ciptaan Nahum Situmorang,” terangnya.

Seluruh lagu batak yang akan ditampilkan di Open Stage Tuktut Siadong, Samosir, ini  ini akan dibawakan musisi  asal Eropa.  Mereka  adalah Hermann Delago, Nadine Beiler, The JB’s Band  dari Austria, Bernadeta Astari dari Belanda. Sementara artis lokal antara lain Viky Sianipar dan Band, Tongam Sirait. Menurut Henry, sebelum penampilan artis Eropa tadi,  akan ada penampilan beberapa artis lokal seperti Jajabi Band (Supra Purba Tambak), Punxgoaran dan Samisara Band.

Menyangkut kemampuan musisi Eropa ini menyanyikan lagu Batak, Henry menyatakan para artis tersebut profesional. “Mereka langsung dapat beradaptasi baik irama dan notasi dengan cepat,” katanya.

Sementara itu, salah seorang musisi asal Austria, Hermann Delago menyatakan mereka sudah siap tampil di Samosir. Katanya, dirinya sudah tidak asing lagi dengan lagu-lagu Batak. Pada penampilan kali ini, kata Hermann, dirinya mengajak penyanyi muda sesama warga negara Austria berusia 23 Tahun Nadine Beller yang pernah menjuarai even Idol di Eropa. Katanya, ketika Nadine diajak, yang bersangkutan langsung tertarik bernyanyi di Indonesia padahal ada even lain yang juga ditawarkan dari negara lain.

Nadine Beiler sendiri menyatakan sangat bangga dapat membawakan lagu-lagu Batak. Katanya, dirinya dapat cepat mempelajari lirik dan irama lagu Batak. “Irama lagu Batak itu banyak persamaan dengan lagu Barat. Misalnya, lagu Di dia Ronkaphi sama seperti lagu Don’t Cry for Me Argentina,” teranganya.

Nantinya, dalam penampilan di Samosir, Nadine juga akan melantunkan lagu Secret of Love. Lagu ini merupakan lagu yang dibawaknnya saat menjuarai Idol di Eropa.

Sementara Bernadeta Astari akan tampil membawakan lagu-lagu Batak yang diaransmen berirama klasik. Mendukung penampilannya, Bernadeta membawa pemusik Lisa (Harva) dan Josephin (Piano). Menurut Bernadeta, dirinya sudah lama menjadi penyanyi dan irama klasik merupakan pilihannya.

Saat jumpa pers itu tampak hadir perwakilan Dinas Parawisata Pemkab Samosir, Robintang Naibaho. Dalam pemaparannya, Robintang menjelaskan pagelan musik di Samosir nanti oleh Pemkab Samosir telah dikemas menjadi salah satu even Parawisata yang disebut Samosir International Music.

“Kita mengharapkan dengan even ini jumlah kunjungan  wisatawan ke Samosir semakin meningkat,” katanya.(ts-09)

loading...