Bendera Merah Putih Dicetak Terbalik, Malaysia Minta Maaf

782
Insiden Pencetakan Bendera Merah Putih terbalik di buku cinderamata SEA Games 2017, Malaysia, membuat heboh publik di Indonesia. Pemerintah Malaysia sendiri sudah menyampaikan permintaan maaf secara resmi. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Jakarta | Publik di tanah air dibuat heboh dengan insiden bendera Merah Putih dicetak terbalik dalam buku cinderamata SEA Games 2017, Malaysia. Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Sri Anifah Haji Aman pun menyampaikan permintaan maafnya atas insiden tersebut.

“Atas nama Pemerintah Malaysia, Kementerian Luar Negeri ingin menyatakan penyesalan atas kesalahan yang tidak disengaja yang dibuat oleh Malaysian Organizing Committee (MASOC) atas publikasi yang salah dari bendera Indonesia di dalam buklet suvenir resmi Upacara Pembukaan Sea Games 2017,” kata Aman dalam keterangan persnya, Minggu (20/7/2017), sebagaimana dilansir tempo.

Selain meminta maaf kepada pemerintah, Aman menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Indonesia atas nama pemerintah Malaysia atas adanya insiden tersebut.

“Dalam hal ini, kami juga ingin meyakinkan pemerintah Indonesia bahwa semua tindakan telah diambil untuk mengatasi situasi yang tidak menguntungkan ini,” ujarnya.

Aman menuturkan Malaysia selalu menganggap penting hubungan persaudaraannya dengan Indonesia yang, menurut dia, dekat dan mengakar. “Kami berharap dan percaya bahwa kedua negara akan terus berinteraksi erat. Interaksi tersebut diharapkan dapat memperkuat hubungan antara kita dan hubungan di dalam wilayah secara keseluruhan,” kata Aman.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyesalkan insiden simbol bendera Indonesia yang terbalik itu melalui akun Twitter miliknya. “Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita…. Merah Putih. Astaghfirullaah…,” cuit Imam yang menuai re-tweet hingga 17 ribu kali.

Saat dimintai komentar terkait dengan insiden itu, Presiden Joko Widodo menyatakan akan menunggu permintaan maaf resmi dari pemerintah Malaysia soal bendera merah putih terbalik.

“Kami menunggu permintaan maaf karena menyangkut kebanggaan dan nasionalisme,” kata Presiden Jokowi. Meski demikian, Presiden Jokowi meminta agar persoalan ini tidak dibesar-besarkan. (ts)

BACA JUGA  Dua Sindikat Narkoba Jaringan Malaysia Terancam Hukuman Mati