Dampak Bahaya Merokok Bagi Pria

1371

TAaDrGh481

tobasatu-Peringatan bahaya merokok sudah sering dilihat dan didengar banyak orang. Bahkan itu selalu tercantum dalam iklan komersil yang ditayangkan satu produk rokok. Jelas, bila diabaikan justru merugikan diri sendiri. Selain itu juga, semakin banyaknya pengguna rokok elektrik yang belum tahu dampak buruk yang ditimbulkan.

Sebuah penelitian menunjukkan jika kebiasaan merokok bisa berpengaruh terhadap kesuburan baik wanita maupun pria. Ngerinya lagi, ini juga bisa terjadi pada perokok pasif yang hanya terkena efek dari asapnya saja. Dari beberapa sumber yang dirangkum Tobasatu.com, berikut ini bahaya yang timbul akibat merokok:

Kualitas Sperma yang Jelek

Merokok bisa mempengaruhi kemampuan sperma untuk berenang dalam tubuh wanita. Proses kehamilan bisa terjadi jika sperma mampu berenang dengan kecepatan tinggi. Sebaliknya, jika kemampuannya menurun akibat kualitasnya yang jelek, kecil kemungkinan sperma bisa mencapai sel telur.

Jumlah Sperma akan Menurun

Besarnya kemungkinan hamil sangat berpengaruh pada banyak tidaknya jumlah sperma. Semakin banyak, maka semakin besar juga pasangan memiliki anak. Sebaliknya, jika sedikit pastinya pembuahan akan semakin tipis terjadi.

DNA Menjadi Rusak

Tak hanya pada pembuahan saja, efek buruk dari rokok adalah DNA menjadi rusak. Zat kimia yang pada rokok menjadi penyebabnya akibatnya sperma rusak dan tentu saja, sulit terjadi pembuahan. Jika pun terjadi kehamilan, resiko keguguran cukup besar.

Disfungsi Ereksi

Ini sangat berkaitan dengan proses pembuahan. Jika seorang pria mengalami disfungsi ereksi akan mengalami kesulitan untuk menjaga ereksi. Bahkan, sebuah penelitian kesehatan menunjukkan jika kondisi ini terjadi dalam waktu lama bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Terjadi Ketidakseimbangan Hormon

Zat kimia berbahaya yang ada pada rokok akan sangat mempengaruhi hormon pria. Ketika sudah tidak ada lagi keseimbangan, maka sistem reproduksi pada tubuh akan terganggu.

Nah, dengan melihat akibat buruk yang ditimbulkan, maka jalan satu satunya adalah menghentikan kebiasaan merokok sekarang juga. Meski terlihat susah, tapi ada tips berhenti merokok.

Apa saja itu?

-Sediakan wortel, susu, seledri dan buah yang bisa dikonsumsi kapan saja jika muncul rasa pahit pada mulut. Rasa manis alami yang ada pada bahan tersebut bisa menghilangkan keinginan untuk merokok.

-Makan makanan yang mengandung vitamin C seperti buah beri hingga jeruk. Mengapa? Kandungan vitamin C nya akan menghilangkan hasrat untuk merokok. Jika ini terpenuhi dengan baik, maka keinginan untuk menghisap akan hilang.
-Letakkan sedikit garam pada ujung lidah jika terasa ingin merokok. Cara ini terbilang efektif untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

-Ambil pena atau alat lainnya jika terasa tangan mulai ingin menggerakkan gaya tatkala sedang merokok. Meski terlihat konyol, namun cukup ampuh untuk membuat keinginan merokok hilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here