Bony Di City Dibayar Rp 1,3 Miliar Per Pertandingan

951

Manchester – tobasatu | Tentu angka ini belum termasuk pajak dan lain-lain. Tapi mengacu pada informasi gaji yang diterima Wilfried Bony di Manchester City, satu penampilannya berharga 1 miliar lebih!

Media-media Inggris menulis, Bony dikontrak empat setengah tahun oleh City, dengan gaji pokok 100 ribu poundsterling per minggu. Dengan kurs mata uang asing saat ini, berarti setiap pekan Bony dibayar hampir Rp 2 miliar!

Jika dalam satu minggu City melakoni dua pertandingan saja, dan Bony selalu dimainkan, itu artinya penyerang asal Pantai Gading itu dihargai Rp 1 miliar per pertandingan!

Angka itu belum final karena kabarnya ada satu klausul lain dalam kontrak mereka. Bony awalnya meminta gaji yang lebih besar, tapi City menolak. Sebab, walaupun kesepakatan bisnis mereka sebesar 25 juta pounds, namun Swansea berhak atas tambahan 3 juta pounds lagi yang bergantung pada performa Bony, semisal jumlah penampilan, gol, ataupun jika City memenangi titel domestik maupun Eropa.

Nah, supaya Bony juga “seakan-akan” mendapat gaji lebih besar, City akan memberi tambahan uang sebesar 20 ribu pounds (sekitar Rp 320 juta), setiap kali Bony turun ke lapangan. Itu artinya, secara hitung-hitungan kasar Bony dihargai Rp 1,3 miliar per satu pertandingan!

Selain Bony yang kian kaya, keuntungan besar juga diperoleh Swansea dari bisnis tersebut. Sebab, mereka hanya mengeluarkan uang 12 juta pounds saat membeli penyerang 26 tahun itu dari klub Belanda, Vitesse Arnheim, di tahun 2013.

Sementara itu, ada yang menyayangkan keputusan Wilfried Bony pindah ke Manchester City. Penyerang Pantai Gading itu dinilai lebih berguna jika dia bermain untuk Liverpool.

Bony resmi jadi milik City setelah Swansea City menerima mahar senilai 30 juta poundsterling dari juara bertahan Premier League itu. Bony akan dikontrak selama 4,5 tahun dan mendapat gaji sekitar 100 ribu pound per pekannya.

BACA JUGA  City Dan West Ham Jalani Laga Angker

Ketajaman Bony selama memperkuat Swansea yang jadi alasan City mendatangkannya. Dia adalah topskorer Premier League selama kalender 2014 dengan 20 gol, di atas pemain City seperti Sergio Aguero, Yaya Toure, dan Edin Dzeko.

Kehadiran Bony diharapkan bisa mempertajam lini serang The Citizens meski niat awal City membeli pemain 26 tahun itu adalah guna melapisi para pemain depannya yang absen karena cedera.

Namun dengan sudah pulihnya ketiga penyerang City termasuk Stevan Jovetic, maka Bony harus siap jatah bermainnya berkurang, tidak sama seperti saat dia selalu jadi pilihan utama di Swansea.

“Jika saya harus jujur, saya kecewa karena dia tidak akan mendapatkan waktu bermain seperti yang seharusnya dia dapatkan,” ujar eks striker Wimbledon, Efan Ekoku, seperti dikutip London Evening Standard.

“Dengan kualitas yang sudah diperlihatkan selama dua musim di Premier League, dia pantas bermain reguler. Wilfried Bony mungkin akan mendapati dirinya lebih sering berada di bangku cadangan ketimbang bermain,” lanjut Ekoku yang kini berprofesi sebagai analis sepakbola. (01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here