Apple Slip Samsung Sebagai Pembuat Smartphone Terbesar

612

 

tobasatu | Apple merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia, bahkan perusahaan itu mampu mencetak laba kuartalan terbesar sepanjang sejarah perusahaan di dunia, diprediksi Apple bisa menyalip atau bahkan telah menyalip Samsung sebagai produsen ponsel pintar (smartphone) terbesar di dunia.

Dalam periode tiga bulan yang berakhir pada Desember 2014, Apple mengumumkan bahwa mereka telah menjual 74,5 juta unit iPhone. Laporan pengiriman ponsel iPhone ini dikutip oleh dua lembaga riset, yaitu Strategy Analytics dan Couterpoint.

Sementara itu, dua lembaga riset di atas mencatat data berbeda soal pengiriman ponsel pintar Samsung. Strategy Analytics mencatat Samsung mengirim 74,5 juta unit ponsel pintar. Sementara Counterpoint, mencatat bahwa Samsung mengirimkan 73,8 juta unit ponsel pintar.

Data ini memang masih jadi perdebatan di kalangan industri, siapa yang kini menjadi raja dalam industri ponsel pintar dunia? Namun, seorang analis dari Creative Strategies, Ben Bajarin, mengatakan kepada The Verge bahwa Apple adalah pemenangnya.

Seperti data yang dihimpun tobasatu.com melalui CNNIndonesia.com, Apple menghasilkan laba bersih sebesar US$ 18 miliar atau setara Rp 224 triliun pada kuartal empat 2014, mencetak rekor sebagai keuntungan terbesar yang pernah diraih oleh sebuah perusahaan dalam satu kuartal.

Selain itu, Apple juga mengumumkan nilai penjualan iPhone di Tiongkok meningkat, dengan nilai mencapai US$ 16,144 miliar atau sekitar Rp 201 triliun. Angka tersebut tumbuh 157 persen dari dibandingkan kuartal ketiga 2014 dan tumbuh 70 persen dari tahun ke tahun.

Prestasi ini khusus diumumkan Apple karena Tiongkok merupakan pasar besar dunia yang sulit ditaklukan oleh perusahaan asing. Pendapatan Apple pada kuartal empat 2014 ini, tumbuh menjadi US$ 74,6 miliar dibandingkan US$ 57,6 miliar. Perusahaan mendulang 59 persen pendapatannya dari luar AS. (cnn/05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here