Rumah Kompos dan Bank Sampah Sicanang

2309

Bentuk Kepedulian Pemko Medan

tobasatu | Rumah Kompos dan Bank Sampah Induk Sicanang di Jl Kelapa, Kel Belawan Sicanang, Kec Medan, merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah Kota Medan terhadap masyarakat Sicanang Belawan untuk mengatasi permasalahan di daerah tersebut.

Terbentuknya program ini merupakan kerjasama Pemko Medan dengan Pemerintah Jepang. Bank Sampah yang diresmikan pada 8 Desember 2014 kemarin oleh Walikota Medan, Zulmi Eldin merupakan hasil dari inspirasi Prof Takakura guna mengatasi permasalahan sampah baik itu organik maupun sampah non organik di kawasan tersebut.

Peraih Kalpataru 2013 sebagai Perintis Lingkungan, Syahdan warga Sicanang merupakan salah satu pengusul dan staf di Bank Sampah Sicanang yang dibantu oleh Lidya sebagai sekertaris, Suriani, Endang dan Pendi Sirait.

Tujuan dibentuknya Bank Sampah di Sicanang Belawan ini tak lain untuk mengatasi masalah sampah di wilayah tersebut, dan hal itu mencakup semua sampah terlebih sampah rumah tangga yang terkadang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Disamping itu juga hasil olahan dari rumah kompos tersebut bisa menjadi penghasil pupuk kompos yg bagus dan rencananya akan diekspor ke luar negeri.

“Semoga dengan keberadaan Rumah Kompos dan Bank Sampah ini bisa menjadi alternatif untuk kebersihan Sicanang dan sekitarnya. Dan juga sebagi sumber informasi untuk masyarakat agar bisa perduli dengan kebersihan didaerahnya masing-masing,” ungkap Syahdan, yang juga pemerhati lingkungan daerah Sicanang Belawan. (08)