Kementerian BUMN Tindaklanjuti Pembangunan Infrastruktur Sei Mangkei – Kuala Tanjung

383

tobasatu|Gubenur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si bersama Staf Ahli Menteri BUMN bidang Kebijakan Publik Sahala Lumbangaol membahas percepatan pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur di bawah naungan Kementerian BUMN di Kantor Gubernur, Kamis (5/2).

Pemprov Sumut dan Kementerian BUMN sepakat mendorong percepatan pelaksanaan proyek diantaranya Pembangunan Pelabuhan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung – Sei Mangkei, Jalan Tol Medan- Binjai, jaringan transmisi listrik, pembangunan pipa gas dan sebagainya.

Sahala Lumbangaol didampingi Direktur SDM Pelindo I M Hamid Wijaya dan mewakili PTPN III Alex dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Sumatera adalah pulau yang paling siap sebagai pusat pertumbuhan baru di luar Pulau Jawa.

“Bapak Presiden sangat serius dalam hal ini, dan memang Sumatera yang paling siap, itulah kenapa kita mulai dari Kuala Tanjung sebagai project pertama dan terbesar, baru kemudian kita mulai langkah ke Timur,” ujar Sahala.

Oleh karenanya, lanjut Sahala, pihaknya sangat berkepentingan untuk mensukseskan pembangunan pelabuhan dan kawasan industri Kuala Tanjung-Sei Mangkei sebagai langkah pertama atau project pertama yang terbesar pemerintahan Jokowi-JK.

Seperti diketahui, Presiden RI Jokowi pada Selasa, 27 Januari lalu meresmikan berbagai proyek strategis di Sumatera Utara yaitu groundbreaking terminal multipurpose Kuala tanjung, Proyek Diversifikasi Produk dan Pengembangan Pabrik Peleburan Alumunium, pencanangan kawasan industri terpadu Kuala Tanjung- Sei Mangkei, Gardu Induk PLN, Pabrik Minyak Goreng, pencanangan operasional KEK Sei Mangkei dan Ground breaking pembagunan Jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 17 km. Kunjungan Sahala dalam hal ini adalah menindaklanjuti peresmian proyek tersebut.

Gubernur yang didampingi Plh Sekda Sumut Hj Sabrina menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara siap mendukung sepenuhnya percepatan pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur di bawah naungan Kementerian BUMN diantaranya Pembangunan Pelabuhan dan Kawasan Industri Kualatanjung-Sei Mangkei, Jalan tol Medan -Binjai dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Untuk Bangun Ekosistem Kuala Tanjung PIE, Pelindo 1 Harus Bersinergi dengan Banyak Perusahaan Logistik

Disamping itu, Gubernur juga menawarkan berbagai peluang untuk dapat ditindaklanjuti oleh Kementerian BUMN diantaranya menawarkan SUmut sebagai lokasi kilang minyak yang rencananya akan dibangun pemerintah. (ts-02)

Loading...
loading...