Ivanovic Perangi Kejahatan Digital Terhadap Anak

217

UNICEF – tobasatu | Ana Ivanovic sedang getol mengampanyekan gerakan anti kejahatan digital terhadap anak-anak. Petenis Serbia itu mengajak anak-anak berhati-hati dalam beraktivitas di sosial media dan ngobrol online.

Kampanye itu dibuat lewat tayangan video berdurasi 19 detik dan disebarkan lewat fanpage miliknya di Facebook. Kegiatan itu sebagai salah satu kampanye yang dibuat badan PBB untuk anak-anak, UNICEF, yang bekerja sama dengan Menteri Pendidikan Serbia dan provider komunikasi asal Telenor.

“Menuliskan informasi pribadi di profil dan blog, chatting dengan orang-orang yang hanya kamu kenal lewat media onlie, dan menemui orang-orang yang hanya kenal lewat media sosial mempunyai risiko yang sangat tinggi,” kata Ivanovic seperti dikutip Times.

“Kegiatan itu berisiko tinggi–itu sama saja membuka bahaya untuk diri-sendiri. Please, hati-hati dengan aktivitas online,” jelas juara Prancis Terbuka 2008 tersebut.

Dari data yang dirilis akun facebook “Choose Your Words, Stop Hate Speech” memang cukup meyakinkan. Sekitar 70 persen anak-anak Serbia mendapatkan kekerasan digital selama 2014.

Ya, Ivanovic memang menjadi duta UNICEF sejak 2007. Dia juga jadi salah satu pendukung program anti kekerasan di sekolah yang bertujun memperbaiki kehidupan anak-anak sekolah di Serbia sejak empat tahun lalu. Ada 16 sekolah yang menjadi sasaran proyek tersebut. (ts-01)

Loading...
loading...