Budi Gunawan Menang, IHSG rawan turun

357

tobasatu | Budi Gunawan berhasil memenangkan gugatan pra peradilan, dan status tersangka Budi Gunawan dicabut. Sejauh ini memang IHSG tengah tertekan selama sesi perdagangan hari ini. Akan tetapi pelemahan IHSG ini juga mengikuti pergerakan sejumlah indeks bursa lainnya yang cenderung bergerak flat turun.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa pelemahan IHSG melebihi rata-rata pelemahan sejumlah indeks bursa di kawasan asia. Hal ini memicu kekhawatiran dikalangan pelaku pasar bahwa pemerintah kembali ditempatkan dalam posisi yang rumit yang bisa memperburuk kinerja IHSG terkait masalah politik yang masih berlanjut akhir-akhir ini.

Selain itu, kondisi ini bisa diperburuk jika sisi eksternal justru memberikan kontribusi negatif. Pada hari ini juga di Eropa tengah melakukan rapat untuk menentukan nasib hutang Yunani. Pertemuan menteri keuangan di Eropa yang membahas masalah rumitnya proses penyelesaian hutang yunani bisa memberikan efek buruk bagi kinerja pasar keuangan domestik.

Sejauh ini belum diketahui apa hasil dari pertemuan tersebut. Dan bila ternyata tidak menunjukan adanya tanda-tanda penyelesaian masalah secara konkrit, bukan tidak mungkin masalah ini akan menjadi sentimen negatif bagi pasar keuangan. Terlebih bila bicara IHSG, penguatan IHSG sebelumnya dan sempat mencetak rekor tertinggi baru sangat potensial menekan kinerja IHSG.

IHSG rawan koreksi, bila kombinasi sentimen internal dan eksternal menumpuk dan menekan kinerja sektor keuangan. Akan tetapi pasar keuangan bisa sedikit bernafas lega mengingat bila konflik KPK-POLRI merambat ke masalah lainnya, maka ada peraturan pemerintah (PP) No. 2 tahun 2015 sebagai pelaksana UU no.7 tahun 2012 tentang peranan TNI dalam penanganan konflik sosial politik, jika POLRI memerlukan bantuan.

Artinya bahwa kondisi keamanan domestik masih akan tetap kondusif setelah presiden menanda tangani PP tersebut. Ini menjamin kondisi keamanan domestik, dan tentunya pasar keuangan masih akan terlindungi dari ketidakseimbangan akibat kemungkinan gesekan yang ditimbulkan.

BACA JUGA  Budi Gunawan Jadi Kepala BIN, Ada 2 Jenderal di Tubuh Polri

Untuk itu pemerintah perlu menjamin keberlangsungan pemerintahan serta meminimalisir dampak negatif akibat konflik KPK-POLRI. Tak bisa di pungkiri kondisi ini bila dibiarkan memburuk akan membuat pelaku pasar menjadi tidak percaya terhadap pemerintahan kita. Dan bisa menekan pasar keuangan baik itu IHSG dan Rupiah. Sejauh ini IHSG melemah mendekati level 1% dan Rupiah terpuruk dikisaran 12.750 per US Dolar. (ts-04)

Loading...
loading...