Basel Vs Porto | Duel Underdog

486

Jakob Park – tobasatu | Partai Basel versus FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa, merupakan duel sesama kuda hitam (underdog).

Laga yang akan digelar,Kamis (19/2) dini hari nanti di St Jakob-Park,Basel pukul 02:45 wib, akan menjadi ajang pembuktian bagti kedua tim siapa yang layak lolos ke fase berikutnya.

Mendapat dukungan penuh dari publik tuan rumah adalah keuntungan tersendiri bagi Basel. Secara kualitas kedua tim ini tidak jauh berbeda. Keduanya berada di papan atas di kompetisinya masing masing. saat ini Basel berada di posisi puncak klasemen sementara Liga Swis dengan mengumpulkan 45 poin dari 20 pertandingan.

Sementara FC Porto ada di posisi kedua Liga Portugal dengan mengumpulkan 49 dari 21 pertandingan di musim ini. catatan di 5 pertandingan kedua tim inipun juga tidak jauh berbeda. keduanya belum pernah terkalahkan.

Hanya saja FC Porto sedikit lebih baik, pasalnya dari 5 pertandingan terakhir diraih dengan kemenangan. Sedangkan FC Basel dari 5 pertandingan terahir meraih 4 kemenangan dan 1 kali hasil imbang.

Di ajang Liga Champions, Basel lolos dari Grub B dengan status runner up bersama dengan sang juara bertahan Real Madrid. Dalam catatan Kompetisi terbaik di benua Eropa ini, FC Basel belum pernah sekalipun bisa lolos ke 8 besar.

Terakhir bermain di 16 besar, mereka dihancurkan Bayern Munchen dengan agregat 1-7. Namun bersama Paulo Sousa, pelatih yang pernah menukangi Benfica dan Sporting Lisbon, FC Basel mungkin akan bernasib lain karena Sousa cukup paham dengan permainan tim-tim Portugal.

Sementara FC Porto lolos dari grup H dengan status juara grup tanpa mengalami kekalahan. Selama fase grup, Porto mampu mencetak 4 kemenangan dan 2 kali hasil seri. Pencapaian ini juga sama dengan yang dialami oleh Real Madrid dan juga Chelsea.

BACA JUGA  Manchester City vs Schalke Awas Terjungkal

Pada musim ini, hanya 3 tim itu yang belum pernah merasakan kekalahan pada fase grup. FC Porto, yang pernah meraih 2 kali gelar juara Liga Champions, akan berusaha keras untuk mendapatkan tempat di perempat final.

Terakhir kali mereka melakukannya adalah pada tahun 2009 silam. Sementara kali terakhir menjuarai ajang ini adalah pada tahun 2004 ketika masih ditangani Mourinho.

Sama halnya dengan tuan rumah, FC Porto juga sangat percaya diri untuk menghadapi FC Basel. Dalam 10 laga terkahirnya, Porto juga mengakhirinya dengan kemenangan. Di sisi penyerangan, Porto akan bertumpu pada Jackson Martinez yang telah mencetak 21 gol dari 26 laga musim ini.

Tuan rumah akan bermain tanpa kehadiran Fabian Schar akibat hukuman kartu. Mereka juga masih kehilangan Ivan Ivanov dan Adama Traore karena cedera. Sementara persoalan cedera bagi tim tamu hanya menimpa Adrian Lopez.

Basel harus mewaspadai pemain kunci Porto Jackson Martinez. Pemain asal Kolombia ini jelas merupakan ancaman besar bagi tuan rumah. Catatan penampilannya di Liga Champions sangat impresif, ia berhasil menceploskan lima gol dari lima pertandingan yang dijalaninya.
Tidak hanya itu, penampilan Martinez bersama Porto di level domestik juga sangat impresif dengan berhasil menorehkan 16 gol dari 21 penampilannya. (ts-01)