Pimpin PAN, Besan Amin Rais Kalahkan Besan SBY

880
teks foto : Amien Rais terlihat bersama dengan Hatta Radjasa dan Ketua Umum PAN terpilih, Zulkifli Hasan.

tobasatu, Bali | Kongres Partai Amanat Nasional yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/3) berhasil memilih Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum periode 2015-2020. Ketua MPR RI yang juga besan dari Amien Rais—pendiri sekaligus mantan ketua umum PAN itu, berhasil mengalahkan Hatta Radjasa yang merupakan besan dari Mantan Presiden SBY, hanya selisih 6 suara.

Pertarungan dinasi politik dari dua kubu tersebut cukup menarik perhatian. Zulkifli mendapat dukungan habis-habisan dari besannya, Amien Rais, yang merupakan pendiri dan mantan ketua umum PAN. Sementara Hatta Rajasa adalah besan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selama kongres berlangsung, Hatta mendapat support saat mantunya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas yang merupakan Sekjen Partai Demokrat, datang ke acara pembukaan. Namun suami putri kedua Hatta -Siti Ruby Aliya Rajasa- itu mengaku kedatangannya mewakili partai, bukan urusan keluarga.

“Saya mewakili Demokrat. Mengucapkan selamat atas terselenggaranya kongres. Semoga lancar bagi ke depan. Demokrat siap kerjasama dengan PAN untuk menyelesaikan masalah bangsa. Saya tidak berkomentar masalah keluarga. Ini internal keluarga PAN,” kata Ibas.

Hatta selama ini dikenal dekat dengan SBY jauh sebelum keduanya berbesan. Selama dua periode pemerintahan SBY, dia menjabat Menteri Perhubungan (2004-2007), Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), dan Menko Perekonomian (2009-2014). Hubungan baik itu terbawa ke partai, karena PAN merupakan salah satu loyalis SBY dan pendukung pemerintahan. Peran Hatta juga yang membuat Demokrat merapat ke KMP selama Pilpres karena dia menjadi cawapres Prabowo.

Sementara Zulkifli Hasan merupakan salah satu politikus senior di PAN. Karier politiknya cukup panjang dan pernah menjadi Sekretaris Jenderal PAN di era kepemimpinan Soetrisno Bachir (2005-2010). Berlatar belakang pengusaha, Zulkifli pernah menjadi Menteri Kehutanan (2009-2014) dan kini menjadi Ketua MPR setelah Koalisi Merah Putih berhasil memenangkan voting melawan kubu Koalisi Indonesia Hebat.

Pada 8 Oktober 2011 lalu, Zulkifli Hasan mempererat hubungannya dengan mantan Ketua MPR dan mantan Ketua PAN Amien Rais. Putri pertamanya bernama Futri Zulya Safitri menikah dengan putra ketiga Amien Rais bernama Ahmad Mumtaz Rais yang disaksikan langsung SBY.

Jadi, wajar saja jika Amien Rais habis-habisan menyokong sang besan. Selain mengarahkan para pemilik suara yakni para pengurus PAN di daerah untuk memilih Zulkifli, Amien tak segan-segan menyerang Hatta selama kongres berlangsung. Saat kongres baru dibuka, Amien bahkan menuding Hatta berbohong saat menemui Jokowi dan Surya Paloh usai pilpres lalu. Hatta disebut Amien telah meninggalkan rapat di DPP PAN dan mengaku akan bertemu pimpinan KMP, namu malah bertemu Jokowi dan Paloh.

Dukungan Amien itu tidak sia-sia. Dia akhirnya bisa mengantarkan sang besan yang disebutnya berpotensi menjadi pemimpin nasional di masa depan itu menakhodai partai yang didirikannya 17 tahun lalu itu. (mc)