Indonesia Siap Eksekusi Mati Dua Sindikat Narkoba ‘Bali Nine’

2595

tobasatu, Jakarta 

Pemerintah Indonesia menyatakan kesiapannya untuk melangsungkan eksekusi mati terhadap 2 sindikat narkoba Bali Nine. Meski saat ini pemerintah Australia terus berupaya agar dua tahanan tersebut dapat dibarter dengan tiga tahanan narkoba asal Indonesia, yang kini juga mendekam di penjara Australia.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edy Purdijanto pun memastikan bahwa rencana eksekusi mati terhadap Andrew Chan dan Myuran Sukumuran tersebut siap dilakukan kapan saja. Menurut Tedjo, persiapan eksekusi mati kini sudah mencapai 95 persen.

“Persiapan sudah di atas 90 persen, ya 95 persen, tinggal teknis kecil-kecil. Untuk tanggal tidak disebutkan,” tuturnya di Kantor Kemenkumham, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2015).

Menurut Tedjo, yang pasti eksekusi tersebut akan segera dilakukan, meski terus mendapat protes dari pihak luar maupun dalam negeri. Sebab saat rapat kemarin, kata Tedjo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyebutkan waktu pasti eksekusi.

“Tidak ada waktu yang pasti tapi segera dilakukan. Kemarin rapat tidak disebutkan dalam minggu ini, tapi (kata Presiden) diselesaikan apabila sudah selesai,” jelasnya.

Purnawirawan Angkatan Laut itu beralasan belum juga dilakukan eksekusi mati karena masih ada hal-hal teknis yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Untuk itu, kita harus memastikan semua selesai agar pelaksanaan eksekusi berjalan lancar.

“Ada hal-hal teknis yang tidak bisa dilewati, apakah prosedur hukum sudah clear semua. Jangan sampai ada yang terlewat, jadi harus dipastikan lagi (semua selesai),” tandasnya.

Rencana eksekusi mati Andrew Chan dan Myuran Sukumaran terlihat semakin dekat dengan dipindahkannya mereka dari Lapas Kerobokan Bali ke Nusakambangan pada Rabu (4/3) pagi, yang diangkut dengan pengamanan mobil lapis baja.

BACA JUGA  9 Peti Mati Dipersiapkan untuk Terpidana Narkoba

Namun hingga kini belum ada pihak yang berwenang yang memberikan informasi kapan kepastian duo sindikat narkoba itu akan menghadapi eksekusi mati. (ts/okz/dtc)