Edie Rizliyanto Dirut Bank Sumut yang Baru

1076

tobasatu, Karo

Bank Sumut akhirnya punya Direktur Utama (Dirut) yang baru. Edie Rizliyanto terpilih sebagai Dirut setelah digelar rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPL-LB), Jumat (6/3/2015).

Informasi dihimpun tobasatu, Mantan Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut ini mengisi jabatan direktur utama periide 2015-2019, yang sempat lowong selama 3 tahun sejak ditinggal Gus Irawan Pasaribu pada Juni 2012. Gus sendiri kini berkarier sebagai politisi di Senayan.

Sejumlah tugas berat telah menumpuk di pundak Edie Rizliyanto, setelah terpilih sebagai Dirut Bank Sumut, diantaranya dia diharapkan mampu membenahi kinerja Bank  Sumut yang anjlok pada 2014. Laba turun, kredit macet melonjak tajam. Bahkan hingga melampaui batas aman yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) yakni 5 persen. Dia juga harus membenahi internal Bank Sumut yang terpecah dalam faksi-faksi.

Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Bank Sumut Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho menyebutkan, dalam RUPS-LB yang juga dihadiri sejumlah bupati dan walikota di Sumut selaku pemegang saham lainnya, disahkan 4 poin diantaranya pemberhentian Edie Rizliyanto selaku Direktur Bisnis dan Syariah sekaligus menetapkannya sebagai Dirut PT Bank Sumut. Rapat tersebut juga menetapkan Didi Duharsa yang sebelumnya Corporate Secretary (Sekretaris Perusahaan) menjadi Dirop Bank Sumut.

Selain dua poin tersebut, ujar Gubsu, dalam RUPS-LB ini juga mengesahkan sistem anggota komisaris yang pada 5 Desember 2014 lalu diperpanjang. Juga ada penetapan sistem dan prosedur pengawas Syariah Bank Sumut. Sebab Dewan Syariah Bank Sumut juga sudah berakhir.

Setelah Dirut Bank Sumut terisi, Gubsu berharap agar Bank Sumut mampu menjadi regional champion. (ts-02)

BACA JUGA  Penyertaan Modal untuk Bank Sumut Batal Akibat Kurang Kooperatif