Barcelona 2 – 1 Real Madrid | Kokoh Di Puncak

728

CAMP NOU – tobasatu | Barcelona mengokohkan posisinya di puncak klasemen La Liga setelah memenangi El Clasico II. Kemenangan ini juga memantapkan posisi bintang Barca Lionel Messi di puncak klasemen assist La Liga–sekaligus topskorer sementara.

Kemenangan 2-1 dipetik Barca ketika menjamu Real Madrid dalam partai jornada 28 La Liga di Camp Nou, Senin diniihari (23/3) kemarin. Jeremy Mathieu mengawali kemenangan Barca di menit 19. Cristiano Ronaldo sempat menyamakan kedudukan di menit 31, tapi Luis Suarez mencetak gol kemenangan Barcelona di menit 56.

Hasil tersebut membuat Barcelona mempertahankan puncak klasemen La Liga Primera, yang baru mereka raih dua pekan lalu. Bukan cuma bertahan di urutan teratas, poin maksimal juga membuat Lionel Messi dkk. unggul empat angka atas seteru abadinya itu.

“Madrid adalah kandidat semuanya (kompetisi) dan berada di level yang sama dengan kami, tapi kami layak mendapatkan ini dan saya harus mengucap selamat pada pemain saya, yang tahu bagaimana menjalani penderitaan. Kemenangan ini memberi kami banyak kredit, mengingat kami mengalami banyak kesulitan di pertandingan. Saya senang, kami bisa saja mencetak lebih banyak gol, tapi begitu juga dengan Madrid,” ungkap Manejer Barcelona Luis Enrique usai pertandingan.

Kemenangan ini juga menobatkan Lionel Messi sebagai ‘Raja Assist’ La Liga sementara ini. Messi merupakan kreator gol pembuka Blaugrana yang dicetak Jeremy Mathieu. Itu merupakan assist ke-15 musim ini. Mengalahkan striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo dengan 11 assist.

Melawan Madrid, Messi membukukan total empat operan berpeluang gol. Dari empat key passes itu, salah satunya yang berupa crossing melalui set piece pada menit 19 sukses dituntaskan oleh Jeremy Mathieu menjadi gol pembuka di Camp Nou.

BACA JUGA  Jarang Dimainkan Motoya Pilih Hengkang

Dibandingkan semua pemain dalam laga ini, key passes Messi adalah yang terbanyak. Dia unggul atas Neymar (3 key passes), Karim Benzema (3), Suarez (2), Javier Mascherano (2), Dani Alves (2), Toni Kroos (2), Isco (2) dan Gareth Bale (92).

Menurut catatan Opta, sepanjang kariernya, Messi sudah mengukir 21 gol dan 13 assist dalam 30 penampilan melawan Madrid di semua ajang. Itu juga merupakan jumlah terbanyak sejak awal abad ke-21. Messi juga masih bercokol di puncak klasemen topskorer La Liga dengan 32 gol.

Torehan itu melebihi rivalnya, Cristiano Ronaldo dari Real Madrid yang hanya menorehkan 11 assist dan 31 gol. Bahkan bila digabung dengan catatan CR7 di Manchester United dan pertemuan keduanya sebagai timnas, La Pulga masih lebih baik. (int)