Empat Pengedar Uang dan STNK Palsu Diamankan Polsek Helvetia

657

tobasatu, Medan | Unit Reskrim Polsek Medan Helvetia, membongkar sindikat pembuat dan pengedaran uang serta STNK palsu, Senin (6/3/2015).

Empat pelaku yang ditangkap, Irwan Charli (29) warga Jalan Setia Luhur Medan, Boby Chandra (40) warga Jalan Panglima Diponegoro, Kecamatan Binjai Timur, Sukardi alias Gondrong (40) warga Dusun Setia Makmur Dalam, Kecamatan Hamparan Perak dan Amri Yusrizal alias Kentong (37) warga Desa Paya Bakung, Kecamatan Hamparan Perak.

Berdasarkan pengakuan keempatnya, uang palsu diedarkan di wilayah Kota Medan dan Kota Binjai. “Tersangka Irwan kita amankan di kawasan Jalan Sei Deli. Penangkapan berawal dari laporan masyarakat yang kita terima,” ungkap Wakapolresta Medan, AKBP Hondawan Naibaho bersama Kapolsek Helvetia, Kompol Ronni Bonic.

Setelah melakukan pengembangan, polisi kembali melakukan penangkapan terhadap tiga lainya di kediaman masing-masing.

Dari pelaku, polisi turut menyita 390 lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu, 152 lembar yang belum dipotong. 2 lembar STNK palsu dan alat-alat berupa printer biasa, laptop dan kertas. “Ada sejumlah barang bukti kita amankan. Kita juga masih mendalami sudah berapa lama pelaku beraksi,” tambah Hondawan.

Keempat tersangka dikenakan Pasal 36 Ayat 1,2 dan 3 UU No. 7 tahun 2011 Tentang Uang Palsu dan Subs 244, 245 Jo 55 dan 56 lebih subs 480 KUHPidana dengan ancaman kurungan maksimal 15 tahun penjara. (ts-05)

BACA JUGA  Polsek Helvet Gagalkan Peredaran Uang palsu Pecahan Rp 50 Ribu