Masjid Kapitan Keling, Wisata Relijius di Pulau Pinang

1430
Masjid Kapitan Kling di Pulau Pinang (Foto T Bobby Lesmana)
Masjid Kapitan Kling di Pulau Pinang (Foto T Bobby Lesmana)

tobasatu, Malaysia | Jika Anda pernah berkunjung ke Pulau Pinang, Malaysia, tentunya pernah memasuki kawasan Georgetown yang merupakan suatu kawasan yang dibangun pemerintah Kolonial Inggris saat menguasai Semenanjung Malaya.

Geortetown merupakan suatu kota cagar budaya karena banyaknya peninggalan bangunan sejarah dan kuno di kawasan tersebut.

Salah satu diantaranya adalah Masjid Kapitan Kling yang terletak di Lebuh Pitt (Pitt Street). Masjid Kapitan Kling adalah masjid tertua di Pulau Pinang. Gedung tersebut dibangun di Daerah Timur Laut Pulau Piang oleh  tentara Serikat India Timur ketika mereka tiba di Pulau Pinang pada akhir abad ke-18.

Seorang Tokoh India Muslim, yaitu Caudeer Mohudeen yang juga disebut sebagai Kapitan Kling telah mengajukan penggunaan tanah dan mendapat izin menggunakan seluas 18 hektar pada November 1801 untuk membangun mesjid bagi kelompok tersebut. Setelah wafatnya Caudeer Mohudeen pada tahun 1834, tanah itu tidak lagi diberikan kepada peminjamnya dan luasnya semakin berkurang. Jalan dan rumah masyarakat di sekeliling masjid mengurangkan keluasan tanah hanya menjadi 8 hektar menjelang 1916.

Masjid yang ada sekarang adalah gedung yang dibangun pada tahun 1916 untuk menggantikan bangunan yang sebelumnya. Dan saat ini masih dipakai oleh masyarakat muslim pulau Pinang terutama dikawasan Georgetown untuk beribadah sehari-hari. (ts-09)