Keragaman Kunci Sukses ‘Furious 7’

676

tobasatu, Jakarta | Film Furious 7 melejit ke puncak box office dalam debutnya di bioskop AS dengan pendapatan US$ 146 juta dan kini sudah meraup lebih dari US$ 490 juta atau sekitar Rp 6,3 triliun di seluruh dunia.

Dilansir dari CNN, 75% dari penonton bukan dari kalangan kulit putih. Ini termasuk 37% dari kalangan Hispanik yang merupakan penonton terbesar. Hanya 25% dari penonton film ini adalah kulit putih, sementara 24% lain dari penonton Afrika-Amerika dan 10% lagi dari kalangan Asia.

Sejak pertama kali dibuat di awal tahun 2000-an, seri ‘Fast and Furious’ selalu menampilkan deretan cast dari latar belakang kultur yang berbeda dan membuat mereka layaknya keluarga di bawah pimpinan Dominic Torreto (Vin Diesel).

“Tidak penting dari mana Anda berasal. Sebagai salah satu penonton, Anda sadar telah menjadi bagian dari ‘keluarga’ ini,” kata Vin Diesel kepada Entertainment Weekly.

“Itu adalah salah satu keindahan bagaimana franchise ini berevolusi,” lanjutnya. Bagi Universal Studios yang merilis film ini, penonton dari kalangan Hispanik menjadi salah satu yang paling berkembang secara demografis di box office.

Berdasarkan laporan Motion Picture Association of America pada 2014, kalangan Hispanik hanya 17% dari populasi di AS, namun secara rata-rata, mereka menyumbang 23% dari penonton bioskop di Negeri Paman Sam.

Jika seri ‘Fast and Furious’ memiliki keragaman kultur dari para pemainnya, maka industri Hollywood dinilai masih memiliki isu rasial. Laporan Ralph J. Bunche Center for African American Studies di UCLA pada 2015, kalangan minoritas masih memiliki kesempatan kecil untuk menjadi pemain utama.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa film yang memiliki keberagaman kultur para pemainnya mendapatkan pemasukan lebih tinggi di box office secara global, dan pengembalian investasi yang lebih tinggi. Hal itu kemudian dibuktikan dari pendapatan debut ‘Furious 7’ yang melesat.

Di samping fakta bahwa sebagaian besar penonton film seperti ‘Furious 7’ adalah kalangan lelaki berusia muda, film ini juga mendapatkan tempat dari kalangan penonton wanita. Laporan menyebutkan bahwa 49% dari penonton ‘Furious 7’ di hari pertama adalah wanita. (ts/tik)