Ribuan Buruh di Perusahaan Milik Prabowo Tak Gajian

1090
Karyawan mendemo PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, 16 April 2015. Foto: Istimewa

tobasatu, Balikpapan | Ribuan karyawan PT Kertas Nusantara, perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki Prabowo Subianto, kembali berunjuk rasa di Berau, Kalimantan Timur. Mereka protes karena hampir 11 bulan gaji mereka tidak dibayarkan.

“Segera tuntaskan membayar hak gaji selama 11 bulan dan tunjangan hari raya,” kata Sekretaris Serikat Pekerja PT Kertas Nusantara Syaifullah Tanjung, Kamis (16/4/2015), sebagai dikutip tobasatu dari tempo.co.

Para pekerja perusahaan yang sebelumnya bernama PT Kiani Kertas ini membawa anggota keluarga masing-masing dalam demonstrasi. Aksi sempat memanas saat peserta demo yang frustrasi berusaha membakar alat peraga demonstrasi dan peralatan lain. Upaya itu bisa digagalkan polisi.

Mereka marah karena sejak 2013 masalah tersebut belum juga terselesaikan. Perusahaan yang mempekerjakan sekitar 1.500 pegawai ini berdalih kondisi keuangannya belum sehat, sehingga menunda pelaksanaan kewajibannya.

Syaifullah menjelaskan, semasa berlangsung Pemilihan Umum Presiden 2014, demonstrasi sempat berhenti. Kala itu para pekerja memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Menurut dia, para karyawan sudah berjuang menuntut hak hingga datang ke Jakarta untuk menemui Komisi IX DPR. Namun, mereka begitu sampai di gedung DPR, Senayan, Jakarta, tidak ada anggota DPR yang datang menemui.

Syaifullah mengatakan karyawan PT Kertas Nusantara hanya meminta perlindungan dan kejelasan nasib. Menurut dia, ribuan karyawan dalam kondisi memprihatinkan akibat berbulan-bulan tidak pernah menerima gaji. (ts/tmp)