Ibu Negara Iriana Jokowi Video Conference di 11 Provinsi

967

tobasatu, Medan | Ibu Negara Iriana Jokowi, Selasa (21/4/2015) menggelar video conference dengan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara, Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho. Selain Sumut, video conference juga dilakukan di 11 provinsi, memperingati Hari Kartini.

Dalam kesempatan Video Conference yang digelar di Puskesmas Rawat Inap Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Ibu Negara berharap agar seluruh wanita di Sumatera Utara paling tidak sekali melakukan deteksi dini kanker dengan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam) yaitu metode pemeriksaan dengan mengoles serviks atau leher rahim dengan asam asetat.

Saat teleconfrence berlangsung, Iriana menyapa Sutias dengan menanyakan apakah kondisi saat itu hujan, karena dalam kunjungannya bersama Jokowi pada Sabtu (18/4) lalu, di Desa Sei Karang Kecamatan Galang waktu itu dilanda hujan. “Apa kabar ibu , apakah cuaca hujan. Semoga disana aman dan berjalan baik ya,” tanya Iriana.

“Alhamdulillah baik-baik bu,” jawab Sutias. Pada kesempatan itu Iriana juga menanyakan apakah peserta pemeriksaan IVA atau pap smear sudah berlangsung. Sutias kemudian menjawab bahwa hari itu peserta yang ikut pemeriksaan pap smear ada 100 ibu. Sutias mengatakan, sebelum berlangsung telekonfrens pihaknya beserta sejumlah pengurus OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era—red) Kabinet Kerja sudah melakukan peninjauan dan memantau pemeriksaan IVA.

Video Conference mengakampanyekan deteksi dini kanker bagi perempuan berpusat di Kulon Progo, Yogyakarta dipimpin oleh ibu negara dengan 11 Provinsi diantaranya Selain Sumut, Video Conference yang dipimpin ibu Negara diantaranya di daerah Sumatera Selatan (Palembang), Nusa Tengara Barat, Sumatera Utara (Deli Serdang), Makasar, Bandung (Cimahi), Nusa Tenggara Barat, Jawa Tenggah (Pekalongan), Nusa Tenggara Timur (Kupang) dan Jawa Timur (Pekalongan).

BACA JUGA  Mantan Gubernur Gatot Jalani Sidang di PN Medan Didampingi Istri Pertamanya

Dalam kesempatan tersebut dilauncurkan secara nasional Program Deteksi Dini Kanker melalui Tes IVA. Hal senada juga dikatakan Ketua TP PKK Sumut Sutias Handayani mengatakan agar kaum ibu untuk mengetahui secara dini adanya kanker leher rahim.

Dengan dicanangkannya program nasional ini PKK se Sumatera Utara bertekad untuk pencegahan kanker pada kesehatan perempuan. Untuk itu diharapkan untuk mencegah berganti-ganti pasangan, higienis, hingga infeksi menular seksual. (ts-02)