SMP Negeri I Medan, Menuju Sekolah Internasional

3349

tobasatu, Medan | Ramah, santun, nyaman dan asri itulah yang terlintas pertama kali saat memasuki lokasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Medan di Jalan Bunga Asoka No.6, Medan Sumatera Utara.

Kurang lebih 2 hektar lahan yang dimiliki oleh sekolah ini ditata dengan rapi serta indah dipandang. Terdapat lapangan luas, mesjid, taman sekolah, rumah kompos sekolah, green house, serta tempat-tempat sampah yang ditata dengan rapi di setiap halaman kelas.

Dinding-dinding kelas yang berwarna hijau daun menambah sejuk suasana. Syahril Harahap S.Pd MM, Kepala Sekolah SMP Negeri I Medan saat berbincang dengan Tobasatu.com, Selasa (21/4) menuturkan, bahwa sekolah ini pernah menjadi gerbang utama pendidikan untuk setara sekolah menengah se-kota Medan dan merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Bahkan sempat mendapatkan predikat sebagai Sekolah Internasional beberapa waktu yang lalu. Itu masih terlihat saat beberapa siswa berpamitan pulang kepada Pak Syahril dengan menggunakan panggilan ‘Sir’. Juga merupakan salah satu tempat penilaian Adipura untuk setingkat sekolah menengah di Kota Medan.

SMP Negeri I Medan memiliki ruang kelas sebanyak 32 ruang, 27 diantaranya sudah menggunakan fasilitas AC dan Monitor In Focus untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Namun sayang beberapa diantaranya sudah perlu perbaikan karena termakan waktu.

Namun Syahril Harahap S.Pd, MM yang baru menjabat 2 tahun belakangan sebagai kepala sekolah, cukup optimis bahwa sekolah ini akan kembali seperti dulu lagi saat mendapat predikat sebagai Sekolah Internasional. Terbukti dengan diadakannya kerjasama dengan beberapa sekolah di luar negeri seperti SMP Kebangsaan Bukit Jambu Malaysia yang dalam waktu dekat ini akan mengadakan studi banding ke SMP Negeri I Medan.

Juga kerjasama dengan beberapa BUMN seperti PTPN II & III Medan dimana diharapkan BUMN ini dapat membantu sekolah ini dalam program pemerintah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Lelaki berkumis tipis yang murah senyum ini juga berharap agar Pemerintah dapat memberikan perhatian yang cukup dalam bidang pendidikan serta dapat memberikan otonomi kepada sekolah dalam mengelola dan memajukan SMP Negeri I Medan ini.

“Semoga kami dapat kembali menjadi sekolah setaraf internasional yang akan melahirkan tunas-tunas bangsa yang berguna bagi bangsa dan negara” ungkap Pak Harahap sambil tersenyum. (ts-08)