Rupiah Menguat

1807
ilustrasi mata uang Rupiah

tobasatu, Jakarta |Pergerakan rupiah pada pagi ini terpantau menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan pekan lalu.

Mengutip Bloomberg, Senin (27/4/2015), gerak rupiah dibuka di level Rp12.920 per USD jika dibandingkan dengan akhir perdagangan pekan lalu yang berada di level Rp12.922 per USD. Sementara berdasarkan data Yahoo Finance, gerak rupiah berada di posisi Rp12.933 per USD jika dibandingkan dengan pegerakan pekan lalu yang berada di posisi Rp12.950 per USD.

Hasil riset Samuel Sekuritas memaparkan rupiah masih diuntungkan oleh pelemahan dolar dalam satu minggu terakhir. Minggu ini dolar yang diperkirakan masih melemah berpeluang membantu rupiah untuk menguat lebih dalam lagi.

Di perdagangan Jumat minggu lalu, rupiah menguat bersama hampir seluruh mata uang di Asia. Akan tetapi, minggu ini ditunggu angka GDP kuartal I-2015 yang diperkirakan masih lambat di kisaran lima persen YoY.

“Data tersebut akan mengkonfirmasi harapan perlambatan yang ditunjukkan oleh data konsumsi masyarakat yang turun. Angka pertumbuhan di bawah lima persen YoY akan memberikan sentimen buruk bagi aliran investasi asing serta rupiah. Rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya hari ini melihat kemungkinan dolar yang melemah di pasar Asia,” ungkap hasil analisa tersebut. (ts/mtr)

BACA JUGA  Rupiah 13.400, Eksportir Jual Dolar