Bupati Karo Hadiri RAT GAPOKTAN Arih Ersada

1141

tobasatu, Tanah Karo | Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Kamis (30/4) siang, menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Gapoktan Arih Ersada di Desa Sampun, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo.

Turut hadir dalam kesempatan kemarin, Asisten Pemerintahan Suang Karo-Karo, anggota DPRD Karo Ingan Amin Barus, serta beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemkab Karo, Camat Dolat Rayat, Kepala Desa Dolat Rayat dan anggota Gapoktan Arih Ersada.

Dalam sambutanya, Terkelin menyatakan Gapoktan merupakan kelembagaan tani pelaksana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) di Kabupaten Karo untuk penyaluran bantuan modal usaha bagi anggota. Melalui pelaksanaan PUAP diharapkan Gapoktan dapat menjadi lembaga ekonomi yang dimiliki dan dikelola oleh anggota di desa tersebut, yang diharapkan dapat memberikan dana untuk menjadi modal awal para anggotanya.

Pengurus Gapoktan arih ersada, penyuluh dan Kepala Desa Sampun sudah berupaya serta bekerja keras dalam mengelola dana PUAP yang ada pada Gapoktan untuk kemajuan masyarakat desa Sampun. Diharapkan Gapoktan Arih Ersada Desa Sampun menjadi contoh bagi gapoktan lainnya mengingat gapoktan memiliki manfaat yang besar bagi masyarakatnya.

Lebih lanjut, Terkelin berharap para warga desa Sampun agar bahu membahu membangun Tanah karo dalam bingkai kearifan lokal budaya Karo untuk memajukan Tanah Karo Simalem.

Kepala Desa Sampun Gunung Mas Bukit, dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih warganya kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana sebagai Bupati Karo yang pertamakali datang mengunjungi Desa Sampun.

Pembangunan jalan dari desa Ujung Sampun menuju Desa Sampun sudah dilaksanakan dengan baik, namun jalan menuju losd desa tersebut saat ini dalam keadaan rusak dan lampu-lampu penerangan jalan juga sudah tidak berfungsi, harap mereka agar hal tesebut dapat menjadi perhatian Pemkab Karo agar segera diperbaiki.

BACA JUGA  DPRD Sumut Apresiasi Pemkab Karo Bergerak Cepat Salurkan 42.699 Paket Sembako

Demikian juga dengan losd desa yang sudah diserahkan kepada Kepala Desa sebagai aset desa, perlu dipasang brojong disekitar losd desa guna mencegah agar losd tidak terbawa longsor.

Ingan Amin Barus anggota DPRD Karo juga mengaminin permintaan Kades Desa Sampun dan meminta kepada Bupati Karo dan Pemkab Karo agar berupaya memperbaiki jalan yang rusak dan pemasangan bronjong losd Desa Sampung.

Sebelum menghadiri RAT Gapoktan Arih Ersada, Bupati Karo juga mengunjungi fasilitas pelayanan publik seperti SMP Negeri 1 Atap Sampun dan Puskesmas Desa Sampun. Bupati Karo juga menyempatkan diri melihat kebun strawberry organik milik Suma Sembiring Colia di Simpang Pelawi Dolat Rayat untuk melihat langsung kebun strawberry petik sendiri yang merupakan anggota Gapoktan Erkaliaga.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Karo meminta kepada Gapoktan Erkaliaga agar para anggota gapoktan saling membahu untuk memajukan Gapoktan. Pemda akan berusaha membantu. Namun bantuan yang diberikan bukan secara ekslusif tapi mendapat perlakuan sama untuk setiap pihak. Semua harus bersama dan berusaha mengembangkan pertanian apalagi mengingat Karo memiliki potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, dan permintaan pasar yang besar.

Harapan kita kedepannya terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia, petani Karo harus bisa memiliki daya saing dan jangan menjadi pekerja bagi orang-orang asing. Jangan sampai orang asing yang menguasai pertanian di Karo dan jangan sampai anak cucuk kita menjadi pekerja di ladang orang asing. (ts-10)