Kecurangan UN SMP Ditemukan di SMPN 2 Kabanjahe

1727

tobasatu, Tanah Karo | Kecurangan Ujian Nasinal (UN) yang berlangsung sejak, Senin (4/5/2015) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat ditemukan di SMPN 2 Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Selembar kunci jawaban bahasa Inggris beredar SMPN 2 Kabanjahe. Hal ini jelas mencoreng citra pendidikan di Bumi Turang (Tanah Karo). Berdasarkan pengakuan beberapa siswa, dirinya memiliki kunci jawaban untuk ujian yang akan dilaksanakan. Namun mereka enggan memberitahu dari mana sala kunci jawaban tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Kabanjahe, Arjuna Karo-karo, Kamis (7/5), berdalih kalau urusan UN bukan bagian dari urusanya.”Tidak urusan saya masalah UN,” ujarnya singkat.

Terpisah, pemerhati pendidikan Kabupaten Karo, Wandi Perangin-angin SH menyampaikan, kebocoran kunci jawaban adalah cermin para pendidik yang ada disekolah masing-masing. Dengan adanya bocoran di SMPN 2 Kabanjahe, jelas bahwa tidak ada pengarahan dari pihak sekolah untuk jujur dalam melaksanakan UN.

“Seharusnya Arjuna memberikan jawaban sesuai dengan kapasitasnya selaku kepala sekolah, dan tidak ada kepala sekolah yang tidak memiliki urusan apalagi ini tentang Ujian Nasional. Seharusnya Kepala Dinas Pendidikan memikirkan ulang jabatan kepala sekolah tersebut,” ujarnya.

Selaku pemerhati pendidikan di Kabupaten Karo, dirinya mengharapkan agar Bupati Karo segera bekerja sama dengan Diknas Karo untuk lebih komit dalam pengawasan UN untuk tahun- tahun berikutnya. Agar kebobolan kunci jawaban tidak terjadi lagi. (ts-10)

BACA JUGA  Pemerintah Perlu Tindak Tegas Pelaku Kecurangan UN