Forda UMKM Aceh Tamiang Terbentuk

388
Suasana saat rapat Forda UMKM Kabupaten Aceh Tamiang. (Foto : tobasatu.com / T Bobby Lesmana)

tobasatu, Aceh Tamiang | Forum Daerah Usaha Kecil dan Menengah (Forda UMKM) Kabupaten Aceh Tamiang, akhirnya resmi terbentuk. Syarifah Aini—pemilik usaha bordir, sulam pita dan rajut ‘Bunda Tamiang’, akhirnya terpilih secara aklamasi pada Sabtu (16/5/2015) yang lalu.

Informasi diperoleh tobasatu.com, Senin (18/5/2015), Syarifah terpilih dalam rapat yang dihadiri 31 pelaku UMKM yang berada di wilayah Aceh Tamiang, sebagai badan pendiri Forda UMKM Aceh Tamiang.

Syarifah terpilih secara aklamasi setelah memperoleh dukungan 23 suara, mengalahkan Yulizar (Bunga Rampai Patra) yang memperoleh 2 suara dan Siti Azrah (Karya Muda) dengan perolehan 5 suara.

Rapat yang digelar di Galeri Pertama Ajang Ambe, Kuala Simpang ini terlaksana dengan difasilitasi oleh PINBIS Langsa, FORDA UKM Sumut, dan disponsori oleh Galeri Pertama Ajang Ambe.

Lie Ho Peng, Ketua Forda UKM Sumut dalam sambutannya mengatakan bahwa pembentukan Forda UKM ini sangat penting terutama untuk mewadahi aspirasi para pelaku UMKM di Indonesia.

Menurutnya UMKM sebenarnya adalah sokoguru ekonomi Indonesia, namun dalam perjalanannya UMKM kurang mendapat dukungan terutama dari pemerintah. Justru UMKM sering menjadi sapi perah oleh oknum-oknum tertentu seperti yang sering terjadi di Sumatera Utara.

Ditempat yang sama Zul Fadhli selaku Direktur PINBIS Langsa mengatakan bahwa tujuan didirikannya FORDA UKM Aceh Tamiang adalah untuk mendukung kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memperoleh keadilan berusaha.

Saat ini untuk Propinsi Aceh telah berdiri 8 Forda UKM. Sementara untuk Sumatera Utara telah terbentuk sebanyak 11 Forda UKM. Dalam satu bulan ke depan, Forda UKM Sumut dan PINBIS Langsa berencana memfasilitasi untuk mendirikan Forda UKM Langsa dan Forda UKM Propinsi Aceh. (ts-09)

Loading...
loading...