Lewat Jalur Independen, Balon Kepala Daerah Dilarang Beralih ke Jalur Parpol

551
Logo KPU

tobasatu, Medan | Mengingat semakin dekatnya pemilihan kepala daerah 2015, KPU Kota Medan mengingatkan, bakal calon walikota dan wakil walikota Medan yang sudah mendaftar melalui jalur perseorangan tidak diperbolehkan untuk beralih ke jalur dukungan partai politik.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba saat memberikan keterngan mengenai penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan pada Pilkada 2015.

Menurut Pandapotan, setiap bakal calon yang sudah menyerahkan berkas dukungan untuk maju dari jalur perseorangan kepada KPU, maka tidak diperbolehkan lagi untuk mendapatkan dukungan jalur partai. Sebutnya, ini sesuai dengan PKPU No 9 tahun 2015, pasal 32 dan pasal 33 tentang Pencalonan Pilkada.

Seperti tercantum pada pasal 33, pasangan calon perseorangan yang telah mengikuti proses penelitian administrasi dan penelitian faktual dukungan tidak dapat diajukan sebagai calon dan/atau pasangan calon oleh partai politik atau gabungan partai politik.

“Sesui dengan peraturan yang ada, maka mereka harus memiliki pilihan,” ungkap Pandapotan Tamba, didampingi anggota KPU lainnya Irwansyah dan Agussyah R Damanik, Rabu (10/6/2015).

Katanya lebih lanjut, jika syarat yang sudah ditentukan tidak terpenuhi, maka tidak berhak mencalon. “Yang tidak memenuhi syarat akan dicoret dan tidak berhak mencalon,” sebutnya. (ts-05)

BACA JUGA  KPU Medan Gandeng Diknas dan Aparat Kepolisian
Loading...
loading...