Jelang Ramadhan, Disperindag Jamin Stok Aman

220
Ilustrasi foto sembako (foto: tobasatu: net)

Tobasatu, Medan | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut menjamin stok bahan kebutuhan pokok (sembako) aman menjelang masuknya bulan suci Ramadhan. Karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak menimbun barang.

Demikian diungkapkan Kadisperindag Sumut H Bidar Alamsyah SH ketika ditanya wartawan, Sabtu (13/6).

Menurut Bidar, Disperindag juga akan menggelar pasar murah sebagai salah satu upaya mengantisipasi kenaikan harga di atas kewajaran, sekaligus membantu masyarakat berpendapatan rendah.

“Program ini diagendakan karena menjelang hari besar keagamaan seperti menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H biasanya akan terjadi kenaikan harga bahan pokok. Padahal, stok tersedia rata-rata sebulan hingga 5 bulan ke depan. Jadi perlu antisipasi,” ujanya.

Dijelaskan pada tahun 2015 ini Pemprovsu rencananya melakukan pasar murah di tiga daerah yaitu Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Simalungun. Namun waktu pelaksanaannya masih menyesuaikan perkembangan keadaan.

Sembari terus meyakinkan masyarakat bahwa stok bahan pokok tersedia cukup sehingga tidak perlu melakukan hal-hal yang malah dapat mengganggu stabilitas harga, pihaknya juga terus melakukan koordinasi pertemuan dengan  instansi terkait, para distributor dan agen sebagai bahan evaluasi untuk kebijakan lebih lanjut .

“Namun yang juga sangat penting menghimbau masyarakat konsumen berbelanja sesuai kebutuhan dan terus diantisipasi agar tidak terjadi penimbunan atau pihak-pihak yang melakukan spekulasi dengan memanfaatkan situasi hari besar keagamaan dengan menaikkan harga di atas kewajaran,” ujarnya.

Pihaknya juga terus melakukan sidak di pasar-pasar tradisional seperti Pusat Pasar, Pasar Petisah, Pasar Palapa, Pasar Sukaramai, Pasar Sikambing, Pasar Simpang Limun dan lainnya sekaligus melakukan pendataan mengenai kekuatan stok barang saat ini dan kemampuan suplay pada bulan-bulan berikutnya. (ts-02)

BACA JUGA  Pemko Medan Gelar Pasar Murah di 151 Titik
Loading...
loading...