Eks Dirut PDAM Tirta Malem Dilapor ke Polisi

615
Mantan Direktur Utama PDAM Tirta Malem Karo, Esra Tarigan ST. (Tobasatu.com/Bang/Dedek)

tobasatu, Tanah Karo | Mantan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Malem Kabanjahe, Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), Esra Tarigan ST bersama beberapa orang kroninya, Selasa (16/6/2015) dilaporkan ke Polres Tanah Karo.

Pelaporan ini terkait adanya penyimpangan penggunaan keuangan di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Karo yang menangani penyaluran air bersih kepada masyarakat Karo.

Esra dan rekan kerjanya Drs Samsudin Sinurat, dipastikan akan dipanggil dan diperiksa oleh penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres Tanah Karo, terkait laporan hasil pemeriksaan atas serah terima jabatan pada PDAM Tirta Malem baru-baru ini.

Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan, kerugian Tirta Malem mencapai miliaran rupiah. Dan kerugian dengan angka fantastis itu terjadi saat tampuk kepemimpinan dipegang oleh Esra Tarigan ST dan Drs Samsudin Sinurat selaku Direktur Tekhnik.

Jabatan Dirut PDAM Tirta Malem Karo, yang dipercayakan oleh mantan Bupati Karo, DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti kepada Esra semenjak, 10 Agustus 2012 lalu. Sejak itu, kewenangan itu pun dimanfaatkan Esra mempertebak kantong pribadinya.

Bupati Tanah Karo, Terkelin Sembiring Brahmana SH yang selama ini telah membentuk tim untuk menyelidiki kebenaran informasi, terkait kisruh dan penyimpangan serta kejanggalan, ternyata mendapatkan hasil yang positif.

Untuk membuktikan kebenaran informasi yang diterimanya, Terkelin Sembiring Brahmana SH menindak lanjutinya dengan mengeluarkan surat printah tugas kepada Inspektorat Kabupaten Karo No.10/SP/2015 tertanggal 11 Februari 2015 lalu.

Setelah mendapatkan surat printah dari orang nomor satu dijajaran Pemkab Karo itu, tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Karo, Philimon A S Brahmana SH mulai bekerja pada bulan Februari lalu.

Selama lebih kurang 32 hari, tim berhasil mengumpulkan keterangan serta data yang dibutuhkan. Menurut informasi yang berhasil dihimpun tobasatu.com, tim audit dari Inspektorat Kabupaten Karo telah mendaptkan hasil yang luar biasa, dengan berbagai temuan kejanggalan dan perselisihan didalam keuangan pada BUMD Karo yang mengurusi masalah kepentingan masyarakat tentang air bersih. (ts-10)

Loading...
loading...