Panwaslu Instruksikan Panwascam Rekrut PPL

919
Ketua Divisi Pengawasan Panwaslu Kabupaten Karo, Drs Nggeluh Sembiring, S.IP didampingi Ketua Divisi Tindaklanjut pelanggaran Eva Juliani Pandia SH. (Tobasatu.com/Bang/Dedek)

tobasatu, Tanah Karo | Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Karo, menginstruksikan Panwaslu Kecamatan di seluruh Kabupaten Karo agar secepatnya melakukan pembentukan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Pilkada di setiap desa dan kelurahan.

Untuk melakukan perekrutan PPL, Panwascam harus mengikuti mekanisme seleksi administrasi dan wawancara. “Kami tegaskan harus teliti untuk seleksi administrasi, terutama yang sifatnya prinsip,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Karo, Ir Sukahati Sinuraya, melalui Ketua Divisi Pengawasan Drs Nggeluh Sembiring S IP, didampingi Ketua Divisi Tindak Lanjut Pelanggaran, Eva Juliani Pandia SH, Kamis (18/6/2015).

Lebih lanjut dikatakannya, perekrutan PPL di Kabupaten Karo sesuai instruksi Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Nomor 000/1701/Bawaslu-SU/YI/2015 tanggal 17 Juni 2015. Acuan perekrutan PPL berdasarkan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan Pemilu.

Dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015, PPL dibentuk satu bulan sebelum tahapan pertama penyelenggaraan pemilihan dimulai dan dibubarkan paling lambat dua bulan setelah seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu selesai. Masih dalam amanah Undang-undang tersebut, setiap desa/kelurahan atau sebutan lain, PPL satu orang per desa atau kelurahan, ujar Drs Nggeluh Sembiring.

“Selain itu, mereka yang mendaftar menjadi PPL juga harus benar-benar bersih dari kepengurusan partai politik. Jangan pernah menerima orang yang mempunyai struktur di kepengurusan partai politik,” tegasnya.

Lanjutnya, agar banyak orang berkompeten mendaftar ke Panwascam pihaknya mengimbau Panwascam dan pemerintah setempat bisa menginformasikan kepada seluruh masyarakat. Sehingga tidak ada keluhan lagi soal masyarakat yang tidak mengetahui adanya rekrutmen PPL. Kemudian pendaftar untuk PPL juga jangan hanya satu orang, melainkan harus lebih dari itu agar banyak pilihan memilih orang terbaik.

Sebab, hal itu dianggap penting dilakukan guna memastikan seluruh proses tahapan dan pemungutan suara nantinya berjalan dengan baik dan tidak diwarnai adanya kecurangan. Sementara itu, tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Karo saat ini telah memasuki penyerahan berkas dukungan calon perseorangan ke KPU Karo sejak, 11 Juni hingga 15 Juni.

BACA JUGA  PPL 26 Desa di Kabupaten Karo Dilantik

“Petugas PPL ini nantinya, untuk tugas awal akan mendampingi petugas PPS dalam proses verifikasi faktual calon perseorangan yang akan dilaksanakan pada 23 Juni hingga 3 Juli mendatang,” ujarnya.

Eva Juliani Pandia SH menambahkan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 15/2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, PPL antara lain bertugas mengawasi pelaksanaan pemilu, kampanye, mengawasi persediaan logistik pemilu dan pendistribusiannya, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara dan proses perhitungan suara, menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan pemilu dan melaporkan pelanggaran itu ke Panwascam. (ts-10)

Loading...
loading...