BPJS Klaim Orang Hidup Telah Meninggal Dunia

273

tobasatu, Medan | Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), belakangan semakin dipertanyakan. Sebab, sejumlah warga menilai kinerja BPJS mulai asal-asalan. Parahnya BPJS berani mengklaim peserta yang memiliki status masih hidup, malah terdata dinyatakan sudah meninggal dunia.

Kasus ini dialami oleh seorang karyawati di PT Media Metro Utama, Marni Simbolon (30) Warga Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan. Ia sangat terkejut setelah mengetahui status kepesertaan BPJS kesehatan yang dimiliknya sudah tak lagi aktif.

Ironisnya lagi, saat melihat dalam program pendataan pihak BPJS Kesehatan, selain kepersertaanya tak aktif, ia juga dinyatakan sudah meninggal dunia.

Temuan itu terjadi ketika Marni hendak mengobati keluahan penyakit ulu hatinya di Balai Pengobatan (BP) Bersama, di kawasan Padang Bulan pada, Selasa (23/6/2015).

Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter yang menanganinya menganjurkan agar dirinya dirujuk ke rumah sakit. Begitu saran dokter itu diikuti, ia malah kecewa, sebab status kartu kepesertaan BPJS kesehatan yang ia miliki dinyatakan tak lagi aktif alias mati.

“Saat perawat klinik langganan saya mensearching nomor identitas peserta saya kok kartu saya dinyatakan sudah tidak aktif lagi. Udah itu, disitu diterangkan saya sudah meninggal dunia,” terang Marni.

Jelas temuan itu membuat Marni heboh. Menurutnya BPJS miliknya terahir kali ia gunakan pada 3 bulan lalu. Guna memastika hal itu pula, Marni pun coba menelepon pihak BPJS di Jalan Karya, Medan, saat itu petugas BPJS bernama Doni mengatakan bahwa setiap yang mengikuti BPJS kesehatan semua berdasarkan update dari pernyataan si peserta itu sendiri.

“Saat saya mempertanyakan hal itu, dia mengatakan bahwa kepesertaan atas nama Marni Simbolon memang sudah tak aktif lagi dan mengatakan sudah meninggal dunia di RS Malahayati,” ungkapnya. Merasa dipermainkan, Kamis (25/6/2015) siang, pihak PT Media Metro Utama melalui kuasa hukum, Roni Lesmana SH, telah melayangkan surat Somasi yang ditujukan kepada pihak BPJS. (ts-11)

BACA JUGA  Pasien di RSUD Labuhanbatu Melahirkan Sendiri Tanpa Bantuan Medis, Bayinya Nyaris Tewas Karena Terjatuh
Loading...
loading...