Gubsu Tinjau Proses Pengerjaan Bronjong di Sungai Kualuh

982
Gubsu Gatot Pujo Nugroho meninjau proses pengerjaan bronjong untuk sistem perkuatan tebing Sungai Kualuh Sepanjang 150 meter di bawah jembatan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Senin (29/6/2015). (foto: tobasatu.com/ist)

tobasatu, Aek Kanopan | Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi meninjau proses pengerjaan bronjong untuk sistem perkuatan tebing Sungai Kualuh Sepanjang 150 meter di bawah jembatan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Senin (29/6).

Gubsu yang datang didampingi Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumut Ir Dinsyah Sitompul, dan sejumlah rombongan Safari Ramadhan Pemprovsu disambut oleh Sekdakap Labura Edi Sampurna Rambe dan Lurah Gunting Saga Suwendi di Jembatan Gunting Saga.

Gubsu langsung menuju tepi sungai Kualuh yang saat itu masih dalam proses pengerjaan yang tingginya 4,5 Meter. Bahkan Gubsu langsung turun ke lokasi  pembuatan bronjong untuk mengecek kedalaman pondasi bronjong tersebut.

“Berapa kedalaman pondasi yang dibangun? Apa sesuai dengan yang didesain atau gambar yang ditunjukkan?,” tanya Gubsu kepada kadis PSDA Sumut.

Tak hanya itu, Gubsu juga tak ragu-ragu mengukur kedalaman pondasi yang masih berair dengan tangannya. Kemudian dengan menggunakan alat Gubsu juga mencoba meniru apa yang sedang dikerjakan para pekerja saat itu.

Kadis PSDA Sumut Ir Dinsyah Sitompul menjelaskan Rehabilitasi /perbaikan dan pembangunan infrastruktur pengendalian banjir dan pengamanan sungai pada sungai Kualuh kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labura merupakan penguatan tebing sungai dengan kontruksi bronjong sepanjang 150 meter.

Proyek yang didanai APBD Provsu tahun 2015 ini memakan dana Rp 812.499.600.

“Pekerjaan perkuatan tebing sungai  sepanjang 150 meter untuk menghindari erosi akibat daya rusak air,” ujarnya.

Dinsyah menyampaikan tanggal mulai pengerjaan adalah 15 Juni 2015 dan  tanggal selesai diperkirakan 12 Oktober 2015. “Lebih kurang 120 hari atau 4 bulan,” katanya.

Dinsyah juga menyampaikan bahwa sebelum proses pengerjaan bronjong, seperti apa yang ditegaskan Gubsu,  dilakukan pembuatan pondasi dengan kedalaman 1 meter sementara ketinggian bronjong 4,5 meter. (ts-02)

BACA JUGA  Giliran Erry Nuradi Diperiksa KPK
Loading...
loading...