Ini Spesifikasi Hercules C-130

656
Tobasatu.com/Ilustrasi

tobasatu, Medan | Indonesia tercatat sebagai negara pertama di luar Amerika Serikat yang mengoperasikan C-130 Hercules. Pesawat ini merupakan pesawat bermesin empat turboprop sayap tinggi (high wings), pesawat ini pun diminati berbagai negara karena mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek.

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai Pesawat Hercules terbanyak. Pesawat buatan Lockheed-Martin, Amerika Serikat, ini mempunyai daya angkut lebih besar serta kemampuan beroperasi lebih baik. Pesawat ini berkapasitas 92 orang dan lima awak kabin.

Pesawat ini awalnya adalah sebuah pengangkut tentara dan pesawat kargo yang sekarang ini juga digunakan untuk berbagai macam peran, termasuk infantri airborne, pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulans udara.

Sekarang ini ada lebih dari 40 model Hercules, termasuk beberapa kapal senapan, dan juga digunakan di lebih dari 50 negara. Melayani lebih dari 50 tahun, keluarga C-130 telah menciptakan rekor yang bagus untuk kehandalan dan daya tahannya, berpartisipasi dalam militer, sipil, dan bantuan kemanusiaan.

TNI AU sendiri mengoperasikan 28 Pesawat Hercules C 130 dari berbagai jenis. Pesawat tersebut diserahkan ke Skadron 31 yang berada di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dan Skadron 32 Pangkalan Udara Utama 32 Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur. (ts)