Jabatan Pelatih Hiddink Dicopot

606
Guus Hiddink yang gagal membawa prestasi gemilang bagi Belanda, harus rela jabatan pelatihnya dicopot.(fhoto ist)

tobasatu,London| Tim nasional Belanda yang hanya menempati peringkat ketiga Grup A Kualifikasi Euro 2016, membuat Guus Hiddink harus kehilangan jabatan pelatih di Oranje. Pemutusan kontrak itu dibuat berdasarkan kesepakatan bersama.

Pelatih berusia 68 menggantikan Louis van Gaal sebagai arsitek Oranje dengan target membawa tim ke Euro 2016 di Prancis. Sayang, performa buruk yang berbuah sejumlah hasil negatif membuat Hiddink dalam tekanan hebat.

Belanda saat ini menempati peringkat ketiga Grup A Kualifikasi Euro 2016 tertinggal lima poin dari Islandia yang mengalahkan mereka Oktober tahun lalu.

“Guus Hiddink dan KNVB sepakat untuk mengakhiri kontrak pelatih tim nasional pada 1 Juli,” pernyataan otoritas sepakbola Belanda.

“Kesepakatan antara federasi dan tim nasional dimulai pada 1 Agustus 2014 dan seharusnya berlanjut hingga Euro 2016 di Prancis.”

Hiddink sendiri memintaa maaf karena petualangan keduanya bersama Oranje tidak berjalan mulus. “Saya menyesal berujung seperti ini,” ujarnya.

KNVB mengumumkan Danny Blind akan meneruskan pekerjaan pelatih setelah Euro 2016, namun hingga berita diturunkan belum ada konfirmasi apakah Blind akan langsung menjadi pelatih kepala atau hanya sementara.(ts/gl)

BACA JUGA  Mortir Aktif Peninggalan Belanda Ditemukan di Jalan Menteng II