Blind Pelatih Belanda Yang Baru

492
Danny Blind resmi jadi pelatih Belanda menggantikan Guus Hiddink yang mundur dari kursi pelatih. (fhoto ist)

tobasatu, Amsterdam | Tim nasional Belanda secara resmi menunjuk Danny Blind untuk menggantikan Guus Hiddink dikursi pelatih.

Belanda finis ketiga di Piala Dunia 2014 lalu tetapi setelah itu, di bawah arahan Hiddink yang menggantikan Louis van Gaal, Oranje cuma bisa memenangi empat laga dari total 10 partai–plus sekali seri dan kalah lima kali.

Hasil-hasil tak memuaskan tersebut membuat Belanda saat ini masih berkutat di posisi tiga klasemen kualifikasi Piala Eropa 2016, di bawah Republik Ceko dan pemuncak klasemen Islandia.

Di awal pekan, Hiddink pun meletakkan jabatannya. Saat itu Blind sebagai asisten maju sebagai pelatih sementara, sampai akhirnya Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) kini resmi menunjuknya sebagai pelatih kepala.

“Kami gembira sudah menemukan suksesor yang tepat dengan cepat setelah mundurnya Guus Hiddink. Kami mendoakan segala kesuksesan untuk Danny dan juga stafnya,” ucap Sekjen KNVB Bert van Oostveen seperti dikutip Het Laatste Nieuws.

Blind, yang sedang berlibur, menegaskan tekadnya untuk secepat mungkin membawa angin positif ke timnas Belanda agar dapat memastikan tiket lolos langsung ke Piala Eropa tahun depan.

Belanda (10 poin) saat ini masih menyisakan empat pertandingan sisa di kualifikasi dalam usaha mengejar Republik Ceko (13 poin) dan Islandia (15 poin). Partai terdekat yang akan dijalani adalah menjamu Islandia pada 3 September mendatang.(ts/dc)

BACA JUGA  Hiddink, Klinsmann, dan Rijkaard Dibidik Jadi Pelatih Timnas Indonesia