Bandara Lombok dan Ngurah Rai Ditutup

1142
Ilustrasi Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. (foto: tobasatu.com/ist)

tobasatu, Jakarta | Bandara Internasional Lombok dan Bandara Ngurah Rai, Bali, masih belum bisa melayani penerbangan, Jumat (10/7/2015),  akibat meletusnya Gunung Raung di Jawa Timur.

Bandara Lombok dan Ngurah Rai Bali, termasuk dari 5 bandara yang diharuskan memperpanjang A Notice to Airmen (Notam) untuk penutupan operasional sementara hingga pukul 21.30 WITA.

Menurut petugas informasi Bandara Ngurah Rai, Dewa Agung Ayu Werdiutama, yang ditemui di area bandara, Jumat (10/7/2015) pagi, penutupan berlaku untuk semua penerbangan, baik domestik maupun internasional.

“Benar ada penutupan jalur penerbangan internasional maupun domestik akibat erupsi Gunung Raung,” kata Dewa Agung.

Untuk penerbangan internasional, pembatalan penerbangan dimulai sejak pukul 22.46 Wita tadi malam hingga pukul 09.30 Wita hari ini.

“Untuk informasi keberangkatan domestik, saya belum tahu, karena saya tugas di terminal internasional. Sudah banyak yang meminta informasi baik wisatawan yang akan berangkat dan pihak hotel yang menjemput tamunya. Ya itu, tadi masih ada pembatalan sesuai jadwal yang sudah resmi dikeluarkan,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan pada Kamis (9/7/2015), malam, mengeluarkan Notam untuk lima bandara termasuk Ngurah Rai dan Lombok. Tiga bandara lainnya yaitu Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Bandara Notohadinegoro Jember, dan Bandara Selaparang Lombok. (ts/kcm)