KPI Nilai Acara TV Ini Tak Pantas Tayang Selama Ramadan

728

tobasatu, JAKARTA | Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) masih menemukan program televisi yang menganggu kekhusyukan bulan Ramadan.

Pelanggaran terhadap penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan, pelanggaran terhadap perlindungan anak dan remaja, pelanggaran terhadap perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu, serta pelanggaran klasifikasi program Remaja (R).

Adapun program acara yang berpotensi melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) yaitu, Pesbukers (ANTV), Alhamdulillah Kita Sahur (Trans 7), Sahur Itu Indah (Trans TV), dan Ngabuburit (Trans TV).

“Tayangan-tayangan seperti itu tidak pantas tersaji di bulan suci ini,” ujar Wakil Ketua KPI Pusat Idy Muzayyad seperti rilis, Senin (13/7/2015).

Masyarakat juga berperan aktif untuk menyeleksi tontonan yang bisa memberikan informasi dan pengetahuan sekaligus menghibur. Terbukti dengan rating komedi yang semakin menurun. Idy pun berharap lembaga penyiaran bisa terlibat aktif memberikan tayangan yang berkualitas

“Sudah selayaknya televisi mencari ide kreatif yang lebih berkualitas ketimbang menyajikan lawakan dan komedi yang justru menodai kesucian bulan Ramadan,” tutup Idy.

Selain melakukan pemantauan terhadap tayangan Ramadhan, KPI menyiapkan penghargaan pada program-program televisi yang menyajikan tayangan penuh inspirasi. Tidak hanya itu, KPI juga akan mengumumkan program Ramadaan televisi yang buruk dan tidak layak ditonton masyarakat. (ts-04)

BACA JUGA  KPI Ingatkan Lembaga Penyiaran Terkait Peliputan Musibah Lion Air JT 610