Forum Komunikasi Sinabung Dibentuk

334
KBK ITB dan Save Tanah Karo memprakarsai diskusi dan pembentukan Forum Komunikasi Sinabung untuk penanganan bencana Sinabung. (tobasatu.com)

tobasatu, Karo | Gunung Sinabung lima tahun ke depan diprediksi masih akan terus beraktivitas. Hal ini berdasarkan rekomendasi dari Badan Vulkanologi. Untuk itu penanganan Sinabung harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Guna mempermudah penanganan Sinabung maka perlu dilakukan diskusi dan pembentukan lembaga yang mengikutsertakan pemerintah, relawan yang selama ini menangani bencana Sinabung dan pengungsi.

KBK ITB dan Save Tanah Karo memprakarsai diskusi dan pembentukan lembaga penanganan bencana Sinabung di Aula Kantor Bupati Karo, Sabtu Siang (25/4) yang dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Kapolres Tanah Karo AKBP. Victor Togi Tambunan, mewakili DPRD Karo Rafi Ginting, beberapa Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Karo, dan seluruh komunitas yang berperan dalam penanganan Sinabung.

Hasil diskusi tersebut, Forum komunikasi Sinabung Kabupaten Karo dibentuk. Arya Sinulingga Ketua Forum Save Tanah Karo menyatkan bahwa forum ini dibentuk untuk dapat menerima semua informasi mengenai Sinabung.

Berdasarkan semua informasi yang disampaikan, tentunya akan dapat diketahui misalnya informasi mengenai apa kebutuhan yang dibutuhkan pengungsi saat ini. Informasi tersebut yang nantinya disampaikan kepada pemerintah daerah atau instansi terkait untuk dapat ditindaklanjuti.

“KBK ITB berupaya membantu Pemkab Karo dalam mempercepat penanganan Sinabung. KBK ITB juga diikutsertakan dalam pembahasan penanggulangan Sinabung di Jakarta dan ditargetkan dalam 3 bulan ke depan ini sudah keluar Keppres mengenai penanganan Sinabung,” sebut Arya Sinulingga.

Menuru Arya, semua pihak harus kerja cepat dan memanfaatkan momentum yang ada dalam percepatan penanganan Sinabung sehingga Karo mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat untuk diprioritaskan. Hal ini penting dilakukan mengingat bukan hanya Sinabung yang harus ditangani oleh pemerintah pusat dan banyak hal lain juga di Indonesia. Oleh karna itu agar semua perwakilan desa yang terkena dampak erupsi gunung sinabung ikut bersinegritas dalam forum ini.

BACA JUGA  Bakal Dikirim ke Jakarta, 200 Kilogram Ganja Dicampur dengan Jeruk

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH sangat mengapresiasi pembentukan Forum Komunikasi Sinabung mengingat KBK ITB sebagai pencetus Forum Komunikasi Sinabung merupakan orang Karo dari Jakarta yang bekerja di media dan memiliki banyak akses sehingga dapat membantu pemerintah daerah dalam berhubungan dengan pemerintah pusat.

Terkelin juga menekankan agar seluruh masyarakat Karo menjaga kearifan lokal terutama saat ini di Karo sedang terjadi bencana. Semua pihak harus bermusyawarah agar dapat menemukan solusi dalam penangganan sinabung sehingga semua masalah dapat cepat diatasi. (ts-10)

 

Loading...
loading...