Ternyata Hello Kitty Bukan Seekor Kucing

4361
Hello Kitty

tobasatu | Siapa yang tak kenal Hello Kitty. Selama 40 wajah karakter kartun asal negeri Jepang ini menghiasi sejumlah tempat dan produk seperti, kotak makanan, tas ransel, perhiasan unik hingga acara animasi televisi. Bahkan mejeng pesawat terbang dan dijadikan inspirasi taman bermain.

Sosok Hello Kitty telah lama menjadi budaya pop Jepang yang sangat disukai anak-anak, karena karakternya yang sangat lucu dan imut. Begitu mendengar nama Hello Kitty, tiap orang akan membayangkan seekor kucing berwarna putih, dengan pita di kepalanya.

Namun siapa sangka, kalau Ternyata Hello Kitty Bukan Seekor Kucing seperti yang dipikirkan orang banyak. Fakta mengejutkan itu diutarakan oleh perusahaan pembuat karakter itu, Sanrio. Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (29/8/2015), perusahaan pembuat Hello Kitty meluruskan hal tersebut. Informasi mengejutkan itu disampaikan di tengah persiapan perjalanan ke luar angkasa untuk merayakan ulang tahun ke-40 Hello Kitty di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dikatakan Sanrio, identitas Hello Kitty sejatinya mewakili seorang gadis cilik, manusia, yang tinggal di luar London. Ia memiliki saudara kembar. Seekor anjing laut tinggal di halaman belakang rumah. Ia selamanya akan duduk di kelas 3 SD.Hello Kitty memiliki nama yang 50 persen ditujukan untuk istilah yang merujuk pada kucing, namun bukan berarti ia adalah seekor kucing.

“Dia tidak pernah digambarkan merangkak. Dia adalah gadis kecil, dia adalah seorang teman. Bukan kucing,” kata Christine R. Yano, seorang antropolog Universitas Hawaii seperti dikutip dari situs Fox News.

Fakta mengejutkan itu dikatakan Yano, saat ia menjadi kurator retrospektif Hello Kitty di Museum Nasional Jepang Amerika, Los Angeles, ketika tengah menyiapkan deksripsi tertulis untuk pameran museum, ternyata ia membuat kesalahan dengan mendeskripsikan Hello Kitty sebagai kucing.

“Dengan tegas saya dikoreksi. Itu salah satu koreksi yang dilakukan Sanrio untuk tulisan saya sebelum pameran,” ucap Yano. Beberapa fakta lain tentang Hello Kitty, menurut Yano, di antaranya nama aslinya adalah Kitty White, ia berbintang Scorpio dan menyukai kue pai apel.

“Hello Kitty muncul pada tahun 1970-an, ketika wanita Jepang mulai masuk ke Inggris. Mereka menyukai negara itu. Ini menggambarkan masa kecil ideal yang klasik, hampir seperti pagar kayu putih. Jadi biografinya diciptakan persis untuk selera saat itu,” beber Yano kepada Times.

“Ketika berbicara dengan wanita Jepang yang tumbuh pada tahun 1970-an, mereka mengatakan, ‘tokoh Hello Kitty sangat berarti karena ia adalah milik kami'”, ceritanya. “Ini sesuatu yang mereka lihat sebagai penanda identitas,”terangnya.

Sebelumnya, Wikipedia mendeskripsikan Hello Kitty sebagai kucing asal Jepang yang memakai pita merah muda, meskipun tak menjelaskan dari mana ia berasal. Sedangkan di situs Sanrio.com disebut, karakter yang kini berusia 40 tahun itu diciptakan ‘untuk menginspirasi kebahagiaan, persahabatan, dan saling berbagi bagi seluruh dunia.’

Menurut Yano, terlepas dari apakah Hello Kitty seorang gadis atau kucing, ia punya arti penting sebagai identitas budaya populer Jepang. (ts)