Diselimuti Kabut  Asap, Warga Padang Diimbau Gunakan Masker

1035
kabut asap padang
Kabut asap yang menyelimuti Kota Padang sejak beberapa hari terakhir semakin pekat. Warga diimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah (ist)

tobasatu.com, Padang  | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat mengimbau warga yang beraktivitas di luar rumah untuk menggunakan masker. Hal ini menyusul kabut asap yang menyelimuti daerah tersebut sejak beberapa hari terakhir.

Informasi diperoleh tobasatu.com, pada Selasa (1/9/2015) pagi, kabut asap mulai mengganggu jarak pandang di wilayah Kota Padang. Sejumlah titik panas (hot spot) yang tersebar di 3 kabupaten di Padang, menyebabkan daerah tersebut terkena imbas kabut asap.

Hasil pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, kabut asap juga terjadi di Dhamasraya dan Sijunjung. Dua daerah itu merupakan daerah terparah di Sumbar yang terkena kabut asap.

“Kabut asap melanda wilayah Sumbar merupakan imbas dari perputaran arah angin yang berada di barat daya ke barat laut utara, mengarah ke Riau dan berimbas ke Sumatera Barat,” ujar Sekretaris BPBD Kota Padang, Eliyusman.

Guna mengantisipasi dampak kabut asap, BPBD Padang mengimbau warga untuk mengurangi kegiatan di lur rumah. Dan menggunakan masker jika berada di luar. “Status darurat kabut asap belum dikeluarkan,” pungkasnya. (ts)

BACA JUGA  Bocah SD di Medan Surati Presiden Jokowi