BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai Banjir dan Tanah Longsor

395
Ilustrasi musim penghujan (ist)

tobasatu.com, Medan| Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, seiring datangnya musim penghujan. Karena beberapa daerah di Sumatera Utara diprediksi akan terjadi banjir, longsor dan angin puting beliung.

“Sebagian wilayah Sumut bulan September diperkirakan akan terjadi banjir seperti Medan, sebagian Langkat, Deli Serdang, Asahan, P.Sidempuan, Madina dan Nias. Bulan bulan ini memang sudah mulai datang musim penghujan. Jadi kita pastinya harus lebih berhati-hati,” tutur Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Sumut Sunardi, Senin (7/9/2015).

Sunardi mengatakan, untuk Kota Medan, cuaca umumnya berawan dan hujan ringan.
Penyebab banjir secara grafik karena curah hujan yang tinggi. Namun, kota besar tidak mutlak banjir karena hujan. Bisa juga dipengaruhi aliran sungai ataupun drainase yang tidak bagus. “Belum tentu hujan yang tidak lebat atau besar, tidak banjir,” katanya.

Selain banjir, juga diperkirakan terjadi angin puting beliung. Puting beliung masih ada, walaupun sifatnya lokal seperti di Medan, Langkat, Sergei, Deli Serdang, Simalungun dan Siantar.
“BMKG memperkirakan akan terjadi longsor karena musim hujan ini, seperti Asahan di daerah Bandar Pulau, Pulau Rakyat. Dairi, Humbahas, Nias, Pakpak Bharat, Samosir dan Tapanuli Utara,”ujarnya.

Untuk itu,Sunardi mengimbau kepada wilayah atau kota yang diperkirakan banjir agar menjaga lingkungan drainase atau membersihkannya. Namun, untuk daerah Sembahe atau wilayah Karo, kemungkinan tidak terjadi air bah.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan drg Irma Suryani menuturkan, setelah musim panas dan datangnya musim penghujan jaga kebersihan lingkungan. “Inikan pancaroba, dari panas ke hujan, yang senang nyamuk karena telurnya bakal menetas,” jelasnya.

Maka, ia menyarankan, melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Mengantisipasi banjir, telah memiliki tim yang siap turun bila diperlukan, karena kami akan siap dan selalu kordinasi ditiap daerah yang memerlukan bantuan untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk,”pungkasnya.(mnl)

BACA JUGA  Bakal Ada Gempa Susulan 7,5 SR Malam Ini, Berikut Penjelasan BMKG
Loading...
loading...