Menteri ESDM Usulkan Bentuk Dana Ketahanan Energi

282

tobasatu | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal membentuk dana ketahanan energi. Pembentukan ini untuk mendukung gerakan pemanfaatan energi, sesuai amanat UU No 30/2009 tentang energi.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan dana ketahanan energi sudah memiliki payung hukum yakni UU Energi yang diperinci dengan PP No 79/2014 tentang Kebijakan Energi Nasional.

“Dana ketahanan energi bersumber dari premi pengurasan energi fosil, APBN, selisih BBM dan perbankan. Dana tersebut dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU),” kata Sudirman di Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Sedangkan jangka panjang, lanjut Sudirman, dana ketahanan energi juga bisa dimanfaatkan untuk membangun energi baru terbarukan (EBT), eksplorasi migas, panas bumi dan sebagainya.

“Bisa bermanfaat juga untuk pembangunan infrastruktur energi termasuk peningkatangan cadangan, stok BBM dan crude serta pengembangan sumber daya manusia dan riset,” kata Sudirman.

Di tengah seretnya industri migas, usulan Menteri ESDM Sudirman ini, rasa-rasanya sulit terealisasi. Apalagi, dana ketahanan energi tak beda dengan dana cadangan BBM nasional, petroleum fund yang sempat dikritik banyak kalangan. (ts-04)

BACA JUGA  Wapres Tidak Hadiri Pelantikan Jonan dan Arcandra
Loading...
loading...